DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KONTRIBUSI PARTISIPASI GURU DALAM KELOMPOK KERJA GURU (KKG) DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SDN SE GUGUS SUNGAI MIAI KECAMATAN BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:AGUNG SETIADI
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-09-27


Kata Kunci : Partisipasi Guru, KKG, Disiplin Kerja, Kinerja


Peningkatan mutu pendidikan, khususnya pada jenjang Sekolah Dasar telah
menjadi komitmen pemerintah yang harus diwujudkan secara nyata. Adapun tujuan
dari penelitian yang dimaksud antara lain:(1) mengetahui besarnya kontribusi
partisipasi guru dalam KKG terhadap kinerja guru SDN Se Gugus Sungai Miai
Kecamatan Banjarmasin Utara Tahun 2016, (2) mengetahui besarnya kontribusi
disiplin kerja terhadap kinerja guru SDN Se Gugus Sungai Miai Kecamatan
Banjarmasin Utara Tahun 2016, (3) mengetahui secara simultan besarnya kontribusi
partisipasi guru dalam KKG dan disiplin kerja terhadap kinerja guru SDN Se Gugus
Sungai Miai Kecamatan Banjarmasin Utara Tahun 2016.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik
korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru SDN Se Gugus Sungai
Miai Kecamatan Banjarmasin Utara Tahun 2016 yang berjumlah 125 orang. Sampel
dalam penelitian ini menggunakan teknik porpusive sampling sebanyak.
Pengumpulan data pada penelitian ini berupa kuesioner/angket. Pengujian instrumen
menggunakan uji validitas dan reliabilitas data, sedangkan pengujian persyaratan
analisis data menggunakan uji normalitas, uji Heteroskedastisitas dan uji
Multikoleniaritas. Kontribusi antara masing-masing variabel penelitian dapat
dihitung dengan menggunakan Analisis regresi Linier Berganda, Uji t dan Uji F
dengan menggunakan aplikasi program SPSS 18.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Partisipasi guru dalam kelompok
kerja guru (KKG) tidak berkontribusi terhadap kinerja guru. (2) Disiplin kerja guru
berkontribusi terhadap kinerja guru. (3) Secara bersama-sama partisipasi guru dalam
KKG dan disiplin kerja berkontribusi terhadap kinerja guru.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disarankan kepada: (1) Guru
perlu meningkatkan kinerja guru, terutama dalam hal penggunaan metode
pembelajaran, menciptakan hal baru yang lebih efektif dan melaksanakan layanan
bimbingan agar kinerja guru menjadi sangat tinggi, (2) Guru perlu memperhatikan
pentingnya manfaat dari kegiatan KKG dan aktif mengikuti kegiatan KKG baik
secara rutin maupun kegiatan tahunan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI