DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KLINIK UTAMA REHABILITASI MEDIK DI BANJARMASIN
PENGARANG:DHIA ULFAIRUZ SUKMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-27


Seiring perkembangan ilmu kedokteran dan kebutuhan masyarakat, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengeluarkan program di tahun 2017, yakni Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), pemenuhan SDM kesehatan, pembangunan dan peningkatan mutu infrastruktur kesehatan, dan pelayanan kesehatan. Berdasarkan program tersebut Kementrian Kesehatan mengharapkan adanya persebaran fasilitas kesehatan di setiap daerah. Di Banjarmasin fasilitas kesehatan kuratif sudah cukup tersebar di berbagai wilayah, namun untuk fasilitas kesehatan rehabilatif masih kurang memenuhi secara kualitatif dan kuantitatifnya, salah satun fasilitas kesehatan rehabilitasi yaitu fasilitas rehabilitasi medik.

Pasien rehabilitasi medik di rumah sakit di Kota Banjarmasin terus meningkat, sehingga pelayanan di rumah sakit menjadi kurang maksimal, karena itu diperlukan tambahan  pelayanan rawat jalan melalui klinik. Berdasarkan hal tersebut sudah seharusnya pelayanan rehabilitasi medik pada klinik dapat ditingkatkan. Namun, pada kenyataan di lapangan secara kuantitas klinik rehabilitasi medik masih belum tersebar merata di Kota Banjarmasin dan secara kualitas klinik pada Kota Banjarmasin belum memenuhi persyaratan kebutuhan lingkungan fisik dimana lingkungan fisik merupakan faktor terbesar yang mempengaruhi proses penyembuhan.

Pendekatan healing environment digunakan sebagai metode dan konsep penyelesaian masalah. Metode yang dilakukan yaitu dengan menentukan dan menganalisis fakta dari pelayanan rehabilitasi medik kemudian menerapkan aspek healing environment ke ruang, baik ruang dalam maupun ruang luar. Aspek healing environment ini terdiri dari aspek alam, indera, dan psikologi. Aspek alam akan menentukan hubungan ruang dengan alam, aspek indera akan memberikan stimulus sehingga menimbulkan persepsi yang positif bagi pengguna ruang, dan aspek psikologi menentukan hubungan secara moral antara individu dan ruang.

 

Kata kunci : Klinik utama, rehabilitasi medik, healing environment.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI