DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pembelajaran Instrumen Biola deng Menggunakan Software MuseScore di Arzeta Rumah Biola Banjarmasin
PENGARANG:REDHA A. RACHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-27


ABSTRAK

 

A Rachman, Redha. 2019. Pembelajaran Instrumen Biola dengan Menggunakan  Software MuseScore di Arzeta Rumah Biola Banjarmasin Skripsi, Program Studi Seni Drama, Tari dan Musik Jurusan PBS FKIP Unlam Banjarmasin. Pembimbing: (I) Maryanto, M.Sn.; (II) Muhammad Najamudin, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pembelajaran, Biola, Software MuseScore

            Media teknologi berperan di dalam kehidupan masyarakat di era sekarang ini, terutama di bidang pendidikan yang sangat terbantu dengan kehadiran teknologi maupun itu pada sarana dan prasarana pembelajaran. Penggunaan aplikasi MuseScore untuk mengatasi anak-anak yang masih kesulitan memahami notasi balok, menyajikannya ke dalam permainan alat musik biola. Mendeskripsikan pembelajaran alat musik biola di Arzeta Rumah Biola Banjarmasin dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui pengaturan data secara logis dan sistematis. Proses analisis data dilakukan dengan menelaah data-data yang berhasil dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian, penelitian ini dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan yang di mana penggunaan software Musescore di Arzeta Rumah Biola Banjarmasin mencapai kriteria sangat baik, yang diukur dengan memainkan lagu nomor 11 di buku Suzuki Violin Volume 1 karya Shinichi Suzuki yang berjudul Andantino. Hal ini juga dapat dilihat dari hasil pembelajaran di mana pemahaman siswa terhadap notasi juga lebih baik karena adanya sarana visual yang dilihat siswa serta sarana audio yang didengar melalui headphone/speaker membantu siswa dalam memahami notasi yang akan dimainkan lalu menerapkannya dalam permainan alat musik biola, pemahaman terhadap simbol dalam musik, serta membantu kemampuan siswa dalam mempelajari instrumen biola di Arzeta Rumah Biola Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI