DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MUATAN PPKN TEMA KAYANYA NEGERIKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE, MIND MAPPING, DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) KELAS IV SDN BINCAU MUARA MARTAPURA
PENGARANG:JAMIATUL WAHIDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-27


Wahidah, Jamiatul. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Muatan PPKN Tema Kayanya Negeriku Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Example Non Example, Mind Mapping, Dan Course Review Horay (CRH) Kelas IV SDN Bincau Muara Martapura.

Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dr. Ririanti Rachmayanie Jamain, S.Psi., M.Pd.

 

Kata Kunci:  Tema Kayanya Negeriku Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Example Non Example, Mind Mapping, Course Review Horay (CRH) dan Aktivitas Belajar Siswa.

Masalah dalam  penelitian  ini adalah siswa belum mampu berpikir secara  abstrak,  kurang memperhatikan atau terpusat dalam pembelajaran, siswa kurang berpikir kritis dalam pembelajaran, siswa merasa bosan karena materi dianggap sulit yang menjadikan siswa kurang aktif dalam pembelajaran, rendahnya aktivitas belajar. Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Bincau Muara pada mata pelajaran PPKn dilaksanakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan  model Example Non Example, Mind Mapping, dan Course Review Horay (CRH).

Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus ada 2 kali pertemuan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Setting penelitian ini di kelas IV SDN Bincau Muara Martapura dengan jumlah siswa 22 orang yaitu, 13 orang siswa dan 9 orang siswi.Pengambilan data kualitatif diperoleh dari aktivitas guru dan aktivitas siswa dilakukan dengan teknik observasi dan data kuantitaif diperoleh dari hasil belajar siswa dengan tes akhir disetiap akhir pertemuan. Indikator keberhasilan siswa tuntas dengan mencapai nilai minimal 70 dan secara keseluruhan sekurang-kurangnya 80%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mengguanakan model Example Non Example, Mind Mapping, dan Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan kualitas guru dari pertemuan 1 dengan  kategori baik menjadi sangat baik pada pertemuan  4. Aktivitas siswa pertemuan 1 berdasarkan klasikal dengan kategori cukup aktif menjadi sangat aktif pada pertemuan 4. Adapun pada hasil belajar siswa pada pertemuan 1 terdapat 14 siswa yang tuntas meningkat menjadi 22 siswa yang tuntas pada pertemuan 4.

Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pengggunaan model Example Non Example, Mind Mapping, dan Course Review Horay (CRH) melaksanakan aktivitas guru dengan sangat baik, meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Sehingga disarankan kepada guru, kepala sekolah, dan peneliti selanjutnya agar digunakan sebagai  referensi alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI