DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Muatan IPS Jenis Usaha Masyarakat Menggunakan Model Direct Instructions, Mind Mapping dan Student Teams Achievement Division Pada Kelas V SDN Indrasari 2 Martapura
PENGARANG:DWI ANGGA KRISNIADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-27


ABSTRAK

Krisniadi, Dwi Angga. (2019). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Muatan IPS Jenis Usaha Masyarakat Menggunakam Model Direct Instructions,  Mind Mapping, dan Student Teams  Achievement Division  Pada Kelas V SDN Indrasari 2 Martapura. Skripsi Program Pendidikan Guru Pra Sekolah Dasar dan Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing: Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph. D. 

Kata Kunci:  Aktivitas Belajar Siswa, Jenis Usaha Masyarakat, Kombinasi model Direct Instructions,  Mind Mapping, dan Student Teams  Achievement Division  

Berdasarkan hasil wawancara dengan wali kelas VB SDN Indrasari 2 Martapura, diperoleh informasi bahwa siswa kelas tersebut secara umum mengalami permasalahan berupa rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Jenis Usaha Masyarakat. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang dilaksanakan terlalu terpusat pada guru dan tidak terlalu menumbuhkan keaktifan dan kreatifitas siswa. Upaya yang ditempuh untuk  mengatasi  masalah tersebut  yaitu  melalui kombinasi model Direct Instructions,  Mind Mapping, dan Student Teams  Achievement Division. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar.

Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilangsungkan selama 4 kali pertemuan pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN Indrasari 2 Martapura yang berjumlah 24 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan pada tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data kualtitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa kemudian juga menggunakan data kuantitatif diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu.

Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan kualitas aktivitas guru dari pertemuan 1 sampai dengan pertemuan 4 dengan persentase 68%, 83%, 89%, 95%. Aktivitas siswa dari pertemuan 1 sampai pertemuan 4 meningkat dengan ketuntasan klasikal dari persentase 48% dengan kriteria “cukup aktif”, 50% dengan kriteria “cukup aktif”,  75% dengan  kriteria “aktif” sampai  83% dengan kriteria “sangat aktif”. Ketuntasan  klasikal hasil belajar siswa dari pertemuan 1 sampai pertemuan 4 meningkat dari persentase 48%, 83%, 95%, dan 95%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan aktivitas guru terlaksana sangat baik, aktivitas siswa sudah sangat aktif dan hasil belajar telah mencapai ketuntasan secara individu dan klasikal.

Disarankan dengan penggunaan kombinasi model pembelajaran Direct Instructions,  Mind Mapping, dan Student Teams  Achievement Division  tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif  bagi guru dalam meningkatkan  aktivitas  siswa  yang berdampak  pada peningkatan hasil  belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI