DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN NILAI AGAMA DAN MORAL DALAM MENIRU GERAKAN WUDHU DENGAN URUTAN YANG BENAR MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PICTURE AND PICTURE DAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN METODE PRAKTIK LANGSUNG PADA ANAK KELOMPOK A TK NEGERI PEMBINA PELAIHARI
PENGARANG:HAMRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-27


ABSTRAK

Hamriani. 2019. Mengembangkan Kemampuan Nilai Agama dan Moral dalam Meniru Gerakan Wudhu dengan Urutan yang Benar Menggunakan Kombinasi Model Picture and picture dan Model Explicit instruction dengan Metode Praktik Langsung pada Anak Kelompok A TK Negeri Pembina Pelaihari. Skripsi Program Strata-1 PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik 2019/2020. Pembimbing: Dr. Ali Rachman, S.Pd., M.Pd.,

 

Kata kunci :  Nilai Agama dan Moral, Picture and Picture, Explicit Instruction

 

Berdasarkan observasi pendahuluan yang penulis lakukan pada anak kelompok A TK Negeri Pembina Pelaihari diperoleh gambaran bahwa kemampuan nilai agama dan moral dalam meniru gerakan wudhu dengan urutan yang benar masih belum maksimal. Hal ini disebabkan aktivitas belajar anak yang rendah, karena kegiatan pembelajaran menggunakan media yang kurang menarik minat anak sehingga anak kurang antusias dan cepat bosan, anak kurang aktif selama proses pembelajaran karena kurang dilibatkan. Oleh sebab itu perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model picture and picture dan model explicit instruction dengan metode praktik langsung melalui penelitian, dengan tujuan dapat mengembangkankemampuan nilai agama dan moral dalam meniru gerakan wudhu dengan urutan yang benar pada anak kelompok B TK Negeri Pembina Pelaihari.

Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan 3 kali pertemuan. Pengumpulan data yaitu melalui observasi aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak kelompok B TK Negeri Pembina Pelaihari yang berjumlah 12 anak. Dengan indikator keberhasilan untuk aktivitas guru 84%-100% (Sangat Baik), aktivitas anak rata-rata kelas 81% Aktif dan Sangat Aktif, serta perkembangan kemampuan nilai agama dan moral secara individual dan klasikalmencapai ≥81% mendapat «««.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai 97% dengan kategori sangat baik. Aktivitas anak mencapai 83% (hampir seluruh anak aktif). Untuk hasil kemampuan nilai agama dan moral dalam meniru gerakan wudhu dengan urutan yang benar berhasil berkembang dengan persentase92% anak memperoleh 򮮮.

Dapat disimpulkan bahwa kemampuan nilai agama dan moral dalam meniru gerakan wudhu dengan urutan yang benar menggunakan kombinasi model picture and picture dan model explicit instruction dengan metode praktik langsung pada anak kelompok B TK Negeri Pembina Pelaihari tugas salah satu alternatif strategi pembelajaran pada kemampuan nilai agama dan moral.dikatakan berhasil/berkembang. Saran yang diberikan bahwa dengan menggunakan kombinasi model picture and picture dan model explicit instruction dengan metode praktik langsung

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI