DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA DALAM MENYEBUT SIMBOL-SIMBOL HURUF YANG DIKENAL MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL TALKING STICK DAN METODE PEMBERIAN TUGAS DENGAN MEDIA KARTU HURUF PADA ANAK KELOMPOK B TK TUNAS GAMA KECAMATAN BATU AMPAR KABUPATEN TANAH LAUT
PENGARANG:ENDAH SULISTIA NINGSIH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-27


ABSTRAK

Ningsih, E. S. 2019. Mengembangkan Kemampuan Bahasa dalam Menyebutkan Simbol-Simbol Huruf yang dikenal menggunakan Kombinasi Model Talking Stick dan Metode Pemberian Tugas dengan Media Kartu Huruf pada anak Kelompok B TK Tunas Gama Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut. Skripsi Program Strata-1 PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik 2019/2020. Dosen Pembimbing: Dr. Ali Rachman, S.Pd., M.Pd

 

Kata kunci :  Bahasa, Huruf, Talking stick, Pemberian Tugas, Kartu Huruf

 

Berdasarkan observasi pendahuluan yang penulis lakukan diperoleh gambaran bahwa kemampuan bahasa dalam menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal masih belum maksimal pada anak kelompok B TK Tunas Gama Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut tahun ajaran 2019/2020, dapat terlihat dari 15 anak hanya 5 anak dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Hal ini disebabkan karena anak yang tidak memperhatikan penjelasan dari guru, anak terlihat tidak berminat, kurang antusias dan tidak tertarik seperti ingin cepat-cepat menyelesaikan kegiatan dan bermain di luar. Oleh sebab itu perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model talking stick dan metode pemberian tugas dengan media kartu huruf, dengan tujuan dapat mengembangkan kemampuan bahasa dalam menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal pada anak kelompok B TK Tunas Gama Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut.

Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan 3 siklus. Pengumpulan data yaitu melaui observasi aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan bahasa anak kelompok B TK Tunas Gama Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut yang berjumlah 15 anak.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mendapat nilai 94 dengan kategori sangat baik. Aktivitas anak mencapai 93% (hampir seluruh anak aktif). Untuk hasil kemampuan bahasa dalam menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal berhasil/berkembang dengan persentase 86% anak memperoleh 򮮮.

Dapat disimpulkan bahwa kemampuan bahasa dalam menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal menggunakan kombinasi model talking stick dan metode pemberian tugas dengan media kartu huruf pada anak kelompok kelompok B TK Tunas Gama Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut dikatakan berhasil/berkembang. Saran yang diberikan bahwa dengan menggunakan kombinasi model talking stick dan metode pemberian tugas dengan media kartu huruf salah satu alternatif strategi pembelajaran pada kemampuan bahasa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI