DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPS TEMA KAYANYA NEGERIKU MENGGUNAKAN TIPE MODEL SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY DIKOMBINASI DENGAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER, DAN MODEL COURSE REVIEW HORAY SISWA KELAS IV DI SDN TAMBAK ANYAR ULU
PENGARANG:RENO MILETINA LURDES
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-27


ABSTRAK

 

Miletina,Reno Lurdes. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada

Muatan IPS TemaKayanya Negeriku Menggunakan Tipe Model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually Dikombinasi Dengan Model Numbered Heads Together, Dan Model Course Review Horay Siswa Kelas IV Di SDN Tambak Anyar Ulu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dr. Noorhapizah, ST, M.Pd.

Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Kayanya Negeriku,Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually, Numbered Heads Together, Course Review Horay.

 

            Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa, yang menyebabkan siswa kurang mengetahui konteks aktual, kurang aktif dan cepat merasa bosan saat belajar, mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Tambak Anyar Ulu muatan IPS tema Kayanya Negeriku.Salah satu upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa yaitu melalui kombinasi model SAVI,NHT,danCRH. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa serta hasil belajar siswa.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Tambak Anyar Ulu tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 29 siswa. Data diperoleh dari observasi aktivitas guru dan siswa serta tes hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan klasikal yang diharapkan 80%, dan KKM 66

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai skor 40 kriteria sangat baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatan menjadi 100% kriteria aktif dan sangat aktif. Hasil belajar individu siswa dengan ketuntasan klasikal 100% pada pertemuan IV.

            Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa pada tema Kayanya Negeriku menggunakan kombinasi model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually, Numbered Heads Together,dan Course Review Horay pada siswa kelas IV Di SDN Tambak Anyar Ulu meningkat. Disarankan kepada kepala sekolah, guru dan peneliti selanjutnya agar kombinasi model tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pilihan dalam memilih model pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar sehingga pembelajaran menjadi lebih optimal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI