DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA TEMA 9 BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA MUATAN PPKN MATERI MENGGALI MANFAAT PERSATUAN DAN KESATUAN UNTUK MEMBANGUN KERUKUNAN HIDUP MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER, THINK PAIR AND SHARE, WORD SQUARE PADA SISWA KELAS V SDN SEKUMPUL KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:ADIL RAHMATULLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-27


Rahmatullah, Adil. (2019). Meningkatkan Aktivitas Siswa Tema 9  Benda-Benda Di Sekitar Kita Muatan PPKn Materi Persatuan Dan Kesatuan Menggunakan Kombinasi Model Numbered Heads Together, Think Pair And Share, Word Square Pada Siswa Kelas V SDN Sekumpul Kabupaten Banjar. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing: Ibu Dr. Hj. Asniwati, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci : Aktivitas Belajar Siswa, Persatuan Dan Kesatuan, Kombinasi Model Numbered Heads Together, Think Pair And Share, Word Square

 

Permasalahan penelitian yang di temukan dari wawancara dengan Guru SDN kelas V SDN Sekumpul adalah rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada  tema 9 muatan PPKn materi persatuan dan kesatuan. Penyebabnya yaitu pada pembelajaran yang terlaksana satu arah dan pembelajaran yang tidak memberikan pengalaman konkrit kepada siswa. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu melalui kombinasi Model Numbered Heads Together, Think Pair And Share, Word Square. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa dan meningkatkan hasilbelajar.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini siswa kelas V  SDN Sekumpul yang berjumlah 20 orang siswa terdiri dari 13 orang siswa perempuan dan 7 orang siswa laki-laki pada semester II tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa kemudian juga menggunakan data kuantitatif diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas aktivitas guru dari pertemuan I sampai pertemuan IV meningkat dari persentase 66%, 72%, 78% sampai 94%. Aktivitas siswa dari pertemuan 1 sampai pertemuan IV meningkat dengan ketuntasan klasikal dari persentase 5% dengan kriteria “kurang aktif”, 20% dengan kriteria “kurang aktif”, 70% dengan kriteria “aktif” sampai 85% dengan kriteria “sangat aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa dari pertemuan1sampaipertemuanIVmeningkatdaripersentase15%,25%,50% sampai 85%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan aktivitas guru terlaksana sangat baik, aktivitas siswa sudah sangat aktif dan hasil belajar telah mencapai ketuntasan secara individu dan klasikal. Disarankan dengan penggunaan kombinasi model pembelajaran Numbered Heads Together, Think Pair And Share, Word Squaretersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI