DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL EXPLICIT INSTRUCTION, NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V SDN GANDARIA 2 KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:H ATMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-27


ABSTRAK

 

Hatmah. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Kombinasi Model Explicit  Instruction, Numbered Head Together (NHT)  dan  Make a Match pada siswa kelas V SDN  Gandaria 2 Kabupaten Barito Kuala. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Drs. Sulaiman, M.Pd., Ph.D.

Kata Kunci : Hasil belajar, Explicit Instruction, Numbered Head Together (NHT), Make a  Match.

Permasalahan yang terjadi di SDN Gandaria 2 Kabupaten Barito Kuala pada siswa kelas V adalah siswa mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran IPS pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita. Penyebabnya adalah siswa kurang fokus dalam pembelajaran, pembelajaran bersifat pasif,  dan siswa  juga menganggap materi teralalu sulit untuk dipahami. Hal ini menyebabkan rendahnya pada hasil belajar siswa. Solusi untuk masalah tersebut adalah dengan menggunakan kombinasi model Explicit Instruction, Numbered Head Together (NHT) dan  Make a Match. Tujuannya untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan menganalisis hasil belajar anak pada penelitian ini.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Gandaria 2 Kabupaten Barito Kuala tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa 15 orang siswa. Teknik pengambilan data menggunakan observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, sedangkan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan test tertulis diakhir pembelajaran. Indikator keberhasilan aktivitas guru mencapai skor ≥32 dan aktivitas siswa secara klasikal ≥80%. Dan evaluasi hasil belajar siswa diatakan berasil apabila mencapai nilai 70 dan secara klasikal 80%.

Hasil penelitian ini menggunakan kombinasi model Explicit Instruction, Numbered Head Together (NHT) dan  Make a Match, dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru dianggap berhasil dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa berdasarkan hasil keseluruhan berhasil  dengan kriteria sangat aktif. Sedangkan untuk hasil belajar  secara keseluruhan juga telah terjadi peningkatan.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Explicit Intruction, Numbered Head Together ( NHT), dan Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dan saran yang dikemukakan peneliti agar dapat menjadi alternatif guru untuk memperbaiki pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI