DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGERJAAN HITUNG PADA BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD KOMBINASI NHT DAN SNOWBALL THROWING DI KELAS VI SDN PEJAMBUAN 1 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:ROYDHA INDRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-27


Indriani, Roydha. 2019. “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pengerjaan Hitung   pada Bilangan Bulat Melalui Model Pembelajaran STAD Kombinasi NHT dan Snowball Throwing di Kelas VI SDN Pejambuan 1 Kabupaten Banjar”. Skripsi Program Studi PendidikanGuru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik2018/2019. Pembimbing : Prof. Drs. H. Rustam Effendi, M.Pd, Ph.D

 

Kata Kunci:  Matematika, STADKombinasi NHT, Snowball Throwing, Hasil Belajar.

 

Permasalahan siswa dalam pembelajaran melalui metode ceramah tanpa banyak melihat kemungkinan penerapan metode lain yang sesuai dengan jenis materi, bahan dan alat yang tersedia.  Sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal yaitu nilainya dibawah KKM yang ditetapkan sekolah, yaitu 80. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran  matematika  melaui model STAD Kombinasi  NHT dan Snowball Throwing. Tujuan  penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan Perencanaan, Pelaksanaan, Tindakan, Pengamatan dan Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelasVI SDN Pejambuan 1 dengan jumlah siswa 20 orang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Analisis data secara kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran melalui pendekatan STAD Kombinasi  NHT dan Snowball Throwing telah berhasil meningkatkan hasil belajar pada materi  penegrjaan hitung pada bilangan bulat, yaitu; (1) Aktivitas guru pada siklus I  tergolongbaik dan pada siklus II  tergolong sangat baik.  (2) Aktivitas siswa terjadi peningkatan yaitu pada siklus I cukup aktif kemudian pada siklus II menjadi sangat aktif, (3) Pada siklus I dengan ketuntasan klasikal 75% dan meningkat menjadi 92,5% pada siklus II,

Berdasarkan hasil penelitian jika pembelajaran pengerjaan hitung pada bilanagn bulat menggunakan model pembelajaran STAD kombinasi NHT dan Snowball Throwing maka hasil belajar siswa pada kelas VI SDN Pejambuan 1 Kabupaten Banjar akan meningkat. Sedangkan saran yang dikemukakan peneliti secara umum agar model STAD Kombinasi  NHT dan Snowball Throwing ini dapat menjadi alternatif model pembelajaran dalam pelajaran  matematika untuk memperbaiki pembelajaran dan meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI