DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI MEMAHAMI PERATURAN PERUNDANG UNDANGAN TINGKAT PUSAT DAN DAERAH MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION, MIND MAPPING DAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS V SDN SUNGAI TABUK KOTA 1
PENGARANG:SRI YULIANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-27


Yulianti, Sri. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar PKN Materi Perundang-undangan Tingkat Pusat dan Daerah Melalui Kombinasi Group Investigation, Mind Mapping Dan Snowball Throwing Pada Siswa Kelas V SDN Sungai Tabuk Kota 1.Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. A. Muhyani Rizalie, M.Si

Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa,Pusat dan Daerah,Group Investigation, Mind Mapping Dan Snowball Throwing.

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN Sungai Tabuk Kota 1 terhadap pembelajaran PKN. Masalah dalam penelitian ini adalah Siswa kesulitan dalam menyerap materi perundang-undangan tingkat pusat dan daerah.Siswa masih kurang memahami dan susah dalam mengingat materi pembelajaran dan siswa merasa jenuh dangan proses  pembelajaran yang monoton tidak ada penggunaan model dalam pembelajaran. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan Kombinasi Group Investigation,Mind Mapping Dan Snowball Throwing.Tujuan  penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama empat siklus.  Setting penelitian dilakukan di SDN Sungai Tabuk Kota 1 pada siswa kelas V dengan jumlah siswa 20 orang tahun ajaran 2018/2019. Penelitian dilakukan pada pelajaran PKN materi perundang-undangan tingkat pusat dan daerah. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif berupa observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran serta data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentasi dan indikator ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Group Investigation, Mind Mapping Dan Snowball Throwing,dapat diketahui aktivitas guru dari pertemuan I dengan perolehan skor 70,45, pertemuanII memperoleh skor 77,54, pertemuan III memperoleh Skor 100, pada pertemuanIV mendapat skor 100. Aktivitas siswa pertemuan I memperoleh skor 48, pada pertemuan II memperoleh skor 77, pada pertemuanIII memperoleh skor 99 dan pada pertemuan IV memperoleh skor 100. Hasil belajar siswa mencapai indikator  keberhasilan yang diharapkan, pada pertemuan I mencapai 40%, padapertemuan II mencapai 60 %  pada pertemuan III mencapai 75% dan pada pertemuan IV mencapai 90%.   

Berdasarkan hasil penelitian jika pembelajaran dengan menggunakan kombinasiGroup Investigation, Mind Mapping dan Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada pelajaran PKN materi perundang-undangan tingkat pusat dan daerah. Disarankan kepada guru untuk menggunakan kombinasi Group Investigation, Mind Mapping dan Snowball Throwing dalam menciptakan kegiatan belajar mengajar yang dapat meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa pada kegiatan pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI