DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN ALAT BANTU MODEL BANGUN DATAR WARNA-WARNI (MBDW) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI ANTASARI KECAMATAN TAPIN UTARA TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015
PENGARANG:SYAHROFI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-28


ABSTRAK

 

Syahrofi. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar  Materi Bangun Datar Melalui   Model Pembelajaran Kooperatif  Tipe STAD Dan Alat Bantu Model Bangun Datar Warna-Warni (MBDW) Pada SiswaKelas  V SDNegeri Antasari Kecamatan Tapin Utara  Tahun  Pelajaran 2014 / 2015. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dra. Hj. Ike Hananik, M.Pd.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Sifat-Sifat Bangun Datar, Model Pembelajaran STAD, Alat Bantu Model Bangun Datar Warna-Warni (MBDW)

 

Penelitian Tindakan Kelas dilakukan karena rendahnya hasil belajar siswa pada materi Sifat-Sifat Bangun Datar yang disebabkan oleh pembelajaran sehari-hari menggunakan metode ceramah dan latihan-latihan soal secara individual, dan tidak ada interaksi antar siswa yang pandai, sedang, maupun dengan siswa yang lambat dalam pembelajaran., untuk itu digunakanlah model pembelajaran STAD dan Alat Bantu Model Bangun Datar Warna-Warni (MBDW)yang menekankan kepada aktivitas peserta didik di dalam kelompok secara maksimal untuk mempelajari materi, diharapkan siswa menemukan makna dalam mempelajarinya dan bisa menerapkannya sehingga bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada materi Sifat-Sifat Bangun Datar di Kelas V SDN AntasariKabupaten Tapin.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN Antasari, semester genap tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa yang 20 orang, terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswi perempuan. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi terhadap aktivitas guru dan siswa, serta hasil belajar siswa melalui tes tertulis di akhir pembelajaran.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan model pembelajaran STAD dan Alat Bantu Model Bangun Datar Warna-Warni (MBDW) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini terlihat dari hasil observasi aktivitas guru dari awal siklus I memperoleh skor 22 (Baik) meningkat menjadi 32 (Sangat Baik) pada akhir siklus II. Hasil observasi aktivitas siswa dari awal siklus I siswa Aktif dan Sangat Aktif sebanyak 28% (cukup Baik) menjadi 98% pada akhir siklus II. Hasil ketuntasan belajar siswa dari awal siklus I 45% menjadi 95% pada akhir siklus II.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran STAD dan Alat Bantu Model Bangun Datar Warna-Warni (MBDW) dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan dan hipotesis diterima, dan disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran dan Alat Bantu Model sebagai upaya dalam memperbaiki dan meningkatkan pemahaman siswa, peningkatan aktivitas siswa, serta peningkatan mutu maupun kualitas pembelajaran di sekolah dasar masing- masing.

 

ABSTRACT

Syahrofi. 2015. "Improving Learning Outcomes of Flat Build Materials through Cooperative Learning Type STAD Models and Colorful Flat Build Model Tools (MBDW) in Class V Students of Antasari Elementary School, North Tapin District, 2014/2015 Academic Year". Thesis S1 Program Elementary School Teacher Education Faculty of Teacher Training and Education Lambung Mangkurat University Banjarmasin. Advisor: Dra. Hj. Ike Hananik, M.Pd.

Keywords: Learning Outcomes, Flat Build Characteristics, STAD Learning Model, Colorful Flat Build Model Tools (MBDW)

Classroom Action Research is carried out because of the low student learning outcomes in the material of Flat Build Properties caused by daily learning using lecture methods and individual practice exercises, and no interaction between students who are smart, moderate, or with students who are slow in learning, it is used STAD learning model and Colorful Flat Build Model Tool (MBDW) which emphasizes the activity of students in the group to the maximum to learn the material, it is expected that students find meaning in learning it and can apply it so that it is useful in life daily. This study aims to improve teacher activity, student activities, and student learning outcomes in the material Flat Build Characteristics in Class V of Antasari Elementary School, Tapin Regency.

The approach used in this study is a qualitative approach and the type of research used is Class Action Research. The research was conducted in class V of Antasari Elementary School, the even semester of the 2014/2015 academic year with a total of 20 students, consisting of 12 male students and 8 female students. The data collection technique used is observation of teacher and student activities, and student learning outcomes through written tests at the end of learning.

The results of this study indicate that using the STAD learning model and the Colorful Flat Build Model Tool (MBDW) can improve student learning outcomes, this can be seen from the results of observation of teacher activities from the beginning of the first cycle to score 22 (Good) increasing to 32 (Very Good) at the end of cycle II. The observation results of student activities from the beginning of the first cycle of Active and Very Active students were 28% (quite good) to 98% at the end of cycle II. The results of student learning completeness from the beginning of the first cycle 45% to 95% at the end of cycle II.

Based on the results of the study it can be concluded that using the STAD learning model and the Colorful Flat Build Model Tool (MBDW) can significantly improve student learning outcomes and the hypothesis is accepted, and it is suggested to the teacher to use the learning model and Model Tools as an effort to improve and improve student understanding, increase student activity, and improve the quality and quality of learning in their respective primary schools.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI