DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA TEMA 9 BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA MUATAN PKn MELALUI KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI), NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA SISWA KELAS V SDN BERANGAS TIMUR 2 BARITO KUALA
PENGARANG:MUHAMMAD RIZKIE
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-28


ABSTRAK

Rizkie, Muhammad. 2019. ”Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Tema Benda-Benda Di Sekitar Kita Dengan Muatan PKn Melalui Kombonasi Model Pembelajaran Group Investigation, Numbered Heads Together (NHT) Course Review Horay (CRH). Pada Kelas V SDN Berangas Timur 2 Barito Kuala”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. DosenPembimbing: Drs. Sulaiman, M.Pd., Ph.D.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Tema Benda-Benda Di Lingkungan Sekitar Kita, Group Investigation, Numbered Heads Together (NHT) Course Review Horay (CRH).

Aktivitas belajar siswa masih belum mampu berpikir kritis, kurang berpartisipasi, dan cenderung pasif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diberikan inovasi pembelajaran dengan mengombinasikan model pembelajaran Group Investigation, Numbered Heads Together dan Course Review Horay. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaannya aktivitas guru, peningkatan aktivitas siswa, dan hasil belajar dengan menggunakan kombinasi model tersebut.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan dengan jumlah siswa 27 orang yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik analisis data berupa kualitatif . Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika aktivitas guru mencapai 27 - 32 dengan kategori Sangat Baik, aktivitas siswa ≥80% termasuk kriteria sangat aktif, serta hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal ≥80%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru pada pertemuan 4 memperoleh 31 dengan kriteria “Sangat Baik”. Peningkatan aktivitas siswa pada pertemuan 4 memperoleh 92% dengan kriteria “Sangat Aktif”.Ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif meningkat 88% pada Pertemuan 4. Ketuntasan klasikal hasil belajar afektif meningkat menjadi  96% pada pertemuan 4. Ketuntasan klasikal hasil belajar psikomotorik mencapai mencapai 100% pertemuan 4.

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI