DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION, THINK PAIR SHARE DAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V SDN HAMBUKU LIMA BABIRIK HULU SUNGAI UTARA
PENGARANG:Muhammad Arwanie
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-28


ABSTRAK

 

Arwanie, Muhammad. 2019. “MeningkatkanAktivitasBelajarSiswaMateri PerjuanganMempertahankanKemerdekaan Indonesia  MenggunakanKombinasiModel Group Investigation, Think Pair Sharedan Make a Match Pada Siswa Kelas V SDN Hambuku Lima Babirik Hulu Sungai Utara ”.Pembimbing Dr. Hj. Asniwati, S.Pd, M.Pd

 

Kata Kunci :AktivitasBelajar, Group Investigation, Think Pair Sharedan Make    a Match.

 

Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya aktivitasbelajarsiswakelas Vpada materiPerjuanganMempertahankanKemerdekaan Indonesia. Hal ini disebabkankurangnyapenggunaan model dan media yang menarik dan bervariasidalam proses pembelajaran, kurangmandiri dan cenderungpasif.Oleh karenaitu, diperlukanstrategiuntukmeningkatkanaktvitasbelajarsiswa pada materiPerjuanganMempertahankanKemerdekaan Indonesia menggunakankombinasimodel Group Investigation, Think Pair Share, dan Make a Matchpada siswakelas V SDN Hambuku Lima Babirik Hulu Sungai Utara. Penelitian ini bertujuan mengetahui aktivitas guru, aktivitassiswa dan hasil peningkatanaktivitasbelajarsiswa padamateriPerjuanganMempertahankanKemerdekaan Indonesia.

            Setting penelitian ini dilakukan pada siswaKelas V SDN Hambuku Lima Babirik Hulu Sungai Utara, denganjumlahsiswa 21 orang, yang terdiri 13 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Jenis data menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan 4 kali pertemuan, setiap pertemuan dilakukan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penilaian yang digunakan adalah observasi aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil belajaranak.

            Hasil penelitian pada setiap pertemuan selalu meningkat. Aktivitas guru pada pertemuan terakhir mengalami peningkatan mencapai kriteria sangat baik, aktivitas siswa pada pertemuan terakhir mengalami peningkatan mencapai kriteria sangat aktif, dan hasil belajar padasiswapada pertemuan terakhir meningkat hingga mendapatketeranganTuntas.

            Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa menggunakan model Group Investigation, Think Pair Share dan Make a Match pada materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia dapat meningkatkan aktivitas belajar pada siswa Kelas V SDN Hambuku Lima Babirik Hulu Sungai Utara. Disarankan agar guru dari hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu solusi meningkatkan aktivitas belajar khususnya pada materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia sehingga pelaksanaan proses belajar mengajar lebih bervariasi sesuai dengan kebutuhan anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI