DIGITAL LIBRARY



JUDUL:“MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN DENGAN MUATAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING KOMBINASI NOMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS 5 SDN SUNGAI TABUK KOTA 1 KABUPATEN BANJAR”
PENGARANG:FARIDAH NUR HIKMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-28


Hikmah, Faridah Nur. 2019. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema Udara Bersih Bagi Kesehatan dengan Muatan IPA Menggunakan Pendekatan Inkuiri Termbimbing Kombinasi Numbered Heads Together (NHT) dan Snowball Throwing pada Siswa Kelas 5 SDN Sungai Tabuk Kota 1 Kabupaten Banjar”. Skripsi Program Studi PendidikanGuru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik2018/2019. Pembimbing : Drs. Radiansyah, M.Pd

 

Kata Kunci:  IPA, Inkuiri Terbimbing Kombinasi  Numbered Heads Together (NHT) and Snowball Throwing, Hasil Belajar.

 

Permasalahan siswa dalam pembelajaran IPA  pada tema udara bersih bagi kesehatan dengan muatan IPA di Kelas V adalah belum adanya aktivitas bermakna yang dilakukan siswa dalam proses pembelajaran dan siswa kurang terampil dalam melakukan praktikum.  Sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal yaitu nilainya dibawah KKM yang ditetapkan sekolah, yaitu 70. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA melaui Pendekatan Inkuiri Terbimbing Kombinasi  Numbered Heads Together (NHT)dan Snowball Throwing. Tujuan  penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan Perencanaan, Pelaksanaan, Tindakan, Pengamatan dan Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelasV SDN Sungai Tabuk Kota 1 dengan jumlah siswa 20 orang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 4 orang siswa perempuan. Analisis data secara kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran melalui pendekatan Inkuiri Terbimbing Kombinasi  Numbered Heads Together (NHT) dan Snowball Throwing telah berhasil meningkatkan hasil belajar padatema udara bersih bagi kesehatan, yaitu; (1) Aktivitas guru pada siklus I  memperoleh skor 32tergolongbaik dan pada siklus II  memperoleh skor 39,5 tergolong sangat baik.  (2) Aktivitas siswa terjadi peningkatan yaitu pada siklus I 60%, kemudian pada siklus II menjadi 87,5%, (3) Pada siklus I dengan ketuntasan klasikal 75% dan meningkat menjadi 92,5% pada siklus II,

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Inkuiri Terbimbing Kombinasi  Numbered Heads Together (NHT) dan Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar  pada tema udara bersih bagi kesehatan dengan muatan IPA siswa kelas V SDN Sungai Tabuk Kota 1. Sedangkan saran yang dikemukakan peneliti secara umum agar pendekatan Inkuiri Terbimbing Kombinasi Numbered Heads Together (NHT) dan Snowball Throwing ini dapat menjadi alternatif model pembelajaran dalam pelajaran IPA untuk memperbaiki pembelajaran dan meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI