DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | "MENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MATERI KECEPATAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME), PAIR CHECKS, DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI KELAS V SDN PEMBANTANAN 2 SUNGAI TABUK" | |
PENGARANG | : | KARTINI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-11-28 |
ABSTRAK
Kartini. 2019. “Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Materi Kecepatan Menggunakan Kombinasi Model Realistic Mathematics Education (RME), Pair Checks dan Numbered Head Together (NHT) di Kelas V SDN Pembantanan 2 Sungai Tabuk”. Skripsi Program Studi PendidikanGuru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik2018/2019. Pembimbing : Drs. Sulaiman, M.Pd, Ph.D
Kata Kunci: Matematika, Aktivitas Belajar dan Model Realistic Mathematics Education (RME), Pair Checks dan Numbered Head Together (NHT)
Permasalahan siswa dalampembelajaran Matematikamateri kecepatan di Kelas Vadalah pengajaran matematika sering ditemui di sekolah bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan kecepatan. Sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal yaitu nilainya dibawah KKM yang ditetapkan sekolah, yaitu 60. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika melaui model Realistic Mathematics Education (RME), Pair Checks dan Numbered Head Together (NHT). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan Perencanaan, Pelaksanaan, Tindakan, Pengamatan dan Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelasV SDN Pembantanan 2 dengan jumlah siswa 22 orang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Analisis data secara kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Pair Checks dan Numbered Head Together (NHT) telah berhasil meningkatkan hasil belajar pada materi kecepatan, yaitu; (1) Aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor 26 tergolongbaik dan pada siklus II memperoleh skor 30 tergolong sangat baik. (2) Aktivitas siswa terjadi peningkatan yaitu pada siklus I 69,23 %, kemudian pada siklus II menjadi 93,19%, (3) Pada siklus I dengan ketuntasan klasikal 77,28% dan meningkat menjadi 90,91% pada siklus II,
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Realistic Mathematics Education (RME), Pair Checks dan Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas V SDN Pembantanan 2. Sedangkan saran yang dikemukakan peneliti secara umum agar model Realistic Mathematics Education (RME), Pair Checks dan Numbered Head Together (NHT) dapat menjadi alternatif model pembelajaran dalam pelajaran matematika untuk memperbaiki pembelajaran dan meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI