DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF ANAK DALAM MENUNJUKKAN AKTIVITAS YANG BERSIFAT EKSPLORATIF DAN MENYELIDIK (PENCAMPURAN WARNA) MELALUI KOMBINASI METODE EKSPERIMEN, BERMAIN DI SENTRA BAHAN ALAM DAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) PADA ANAK KELOMPOK B2 DI TK ISLAM AL FALAH BANJARMASIN SELATAN
PENGARANG:FAIZAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-28


Berdasarkan observasi pendahuluan yang penulis lakukan di TK Islam Al Falah  Banjarmasin Selatan pada anak kelompok B2 yang berjumlah 15 orang anak, yang mengalami permasalahan pada kemampuan kognitif dalam menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik ( pencampuran warna ). Hal ini disebabkan  guru melakukan percobaan sederhana dengan media yang seadanya, tanpa memberikan kesempatan kepada semua anak untuk mencoba dan menceritakan hasil pencampuran warna, sehingga anak cepat bosan mengikuti kegiatan pengembangan . Oleh sebab itu perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan kombinasi metode eksperimen, bermain di sentra bahan alam dan model Problem Based Instruction ( PBI ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil pengembangan kemampuan kognitif anak .

Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan dengan 4 tahapan    yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi .

       Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru terlaksana pada pertemuan 1 yaitu 24 ( cukup baik ), pertemuan 2 yaitu 26 ( cukup baik ), pertemuan 3 yaitu 30 ( baik ), dan pertemuan 4 yaitu 36 ( sangat baik ). ( 2 ) Persentasi aktivitas anak pada pertemuan 1 yaitu 47.1% ( cukup aktif ), pertemuan 2 yaitu 74% ( aktif ), ( 3 ) pertemuan 3 yaitu 100% ( sangat aktif ) dan pertemuan 4 yaitu 100% ( sangat aktif ). Hasil capaian perkembangan kognitifanak pada pertemuan 1 yaitu 33.33% , pertemuan 2 yaitu 40% , pertemuan 3 yaitu 66,67% , pertemuan 4 yaitu 86,67% atau termasuk dalam kriteria berkembang sesuai harapan (         ) .

       Dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif dalam kegiatan pencampuran warna menggunakan kombinasi metode eksperimen , bermain di sentra bahan alam , dan model Problem Based Instruction ( PBI ) pada anak kelompok B2 TK Islam Al Falah Banjarmasin Selatan dikatakan berhasil berkembang. Saran yang diberikan bahwa dengan menggunakan kombinasi metode eksperimen , bermain di sentra bahan alam dan model Problem Based Instruction ( PBI ) salah satu alternatif strategi pembelajaran pada kemampuan kognitif .

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI