DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA RESEPTIF (MENYIMAK DAN MEMBACA) MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE KOMBINASI MODEL TALKING STICK DENGAN METODE BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK B TK INSAN MULIA BANJARMASIN
PENGARANG:NOOR RITA MARINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-28


ABSTRAK  

Noor Rita Marini, 2018, Upaya Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Reseptif (Menyimak dan Membaca) Menggunakan Model Picture and Picture Kombinasi Model Talking Stick dengan Metode Bercerita Pada Anak Kelompok B TK Insan Mulia Banjarmasin. Skripsi, Program Pendidikan S1 PAUD FKIP UNLAM. Pembimbing: Dr. H. Metroyadi, SH, M.Pd

 

Kata kunci: Model Picture and Picture, Model Talking Stick, Metode Bercerita

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan anak kelompok B TK Insan Mulia Banjarmasin dalamketerampilan bahasa, secara klasikal lebih dari 50% dari jumlah anak 15 orang yang masih rendah kemampuan bahasanya. Untuk mengatasi masalah ini  peneliti memilih pembelajaran menggunakan model picture and picture kombinasi model talking stick dengan metode bercerita.  Oleh karena itu, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, serta hasil pengembangan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca) menggunakan model picture and picture kombinasi model talking stick dengan metode bercerita pada anak kelompok B TK Insan Mulia Banjarmasin.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa langkah dalam setiap tindakan yaitu merencanakan, melaksanakan tindakan, mengamati, dan merefleksi pembelajaran yang telah dilaksanakan. PTK ini dilakukan selama 4 pertemuan pada kelompok B TK Insan Mulia Banjarmasin.Untuk menggali dan mengolah data dalam penelitian ini diperlukan analisis data tentang aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil pengembangan anak yang diperoleh melalui observasi dan evaluasi selama pembelajaran, sehingga mencapai indikator keberhasilan. 

Berdasarkan temuan yang diperoleh, hasil penelitian ini adalah: 1) Aktivitas guru mengembangkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca) menggunakan model picture and picture kombinasi model talking stick dengan metode bercerita pada anak kelompok B TK Insan Mulia Banjarmasin, sudah terlaksana sesuai langkah-langkah dengan kriteria sangat baik dan dapat dikatakan berhasil. 2)Aktivitas anak juga terjadi peningkatan setiap pertemuan hingga semua anak mencapai kriteria sangat aktif. 3) Terdapat peningkatan hasil pengembangan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca) menggunakan model picture and picture kombinasi model talking stick dengan metode bercerita pada anak kelompok B TK Insan Mulia Banjarmasin, mengalami peningkatan setiap kali pertemuan hingga mencapai kriteria berkembang sangat baik.

Dapat disimpulkan bahwa tindakan kelas yang dilakukan guru, dinyatakan berhasil karena telah mencapai batas indikator keberhasilan yang sudah ditetapkan, baik dari aktivitas guru dan aktivitas anak, serta hasil pengembangan anak. Oleh karena itu disarankan bagi guru agar lebih mengenal berbagai model pembelajaran sehingga dapat memotivasi anak dalam proses pembelajaran, bagi kepala sekolah agar selalu membina guru dan memfasilitasi upaya pengembangan sarana dan prasarana pembelajaran, bagi peneliti selanjutnya dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai bahan referensi dalam penelitian yang lain.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI