DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN ASPEK NILAI AGAMA,MORAL DALAM MENIRUKAN GERAKKAN IBADAH (SHALAT) MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PICTURE AND PICTURE, METODE DEMONSTRASI DAN PRAKTEK LANGSUNG PADA KELOMPOK A DI TK MUSTIKA AL KAUTSAR BANJARMASIN
PENGARANG:NURUL AZIZAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-28


Abstrak

 

Azizah Nurul, 2019. Upaya Mengembangkan Aspek Nilai Agama, Moral Dalam Menirukan Gerakkan Ibadah (Shalat) Menggunakan Kombinasi Model Picture And Picture  Metode Demonstrasi Dan Praktek Langsung Pada Kelompok A Di Tk Mustika Al Kautsar Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Metroyadi, SH, M.Pd

 

Kata Kunci: Mengembangkan Aspek Nilai Agama Moral, Menirukan Gerakkan Ibadah (Shalat), Model Picture And Picture, Metode Demonstrasi,Praktek Langsung

 

Permasalahanya yang terjadi di TK Mustika Al Kautsar dalam semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 di Kelompok A terhadap bahan belajar pengembangan aspek motorik anak masih kurang dalam bidang pengembangan nilai agama dan moral. Anak masih kurang memahami dengan baik tetang gambaran yang lebih jelas tentang pembelajaran bidang pengembangan nilai agama dan moral, dan siswa dapat mempraktekkan secara langsung, misal seperti bacaan-bacaan shalat, gerakan-gerakan shalat, gerakan-gerakan wudlu, dan lain sebagainya yang dilakukan oleh guru. Sehingga saat proses belajar, perhatian siswa lebih mudah dipusatkan karena siswa mengamati secara langsung apa yang dilakukan oleh guru atau demonstrator. Tujuan penelitian ini dapat dinyatakan untuk mengetahuai perkembangan aspek nilai agama moral dalam menirukan gerakkan ibadah (shalat) menggunakan kombinasi model picture and picture dan metode demonstrasi dan praktek langsung pada Kelompok A di TK Mustika Al Kautsar Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Setting penelitian ini adalah Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Pkk Mawar Banjarmasin Tengah yang berjumlah10 orang anak. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan menggunakan lembar observasi, sedangkan data kualitatif diperoleh melalui instrument penelitian berupa lembar observasi yaitu untuk aktivitas guru dan aktivitas anak dalam pembelajaran.

Hasil Penelitian Hasil aktivitas mengajar guru dalam menerapkan langkah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Picture and picture dan metode Demonstrasi dan praktek langsung tergolong dalam kategori baik terlaksana asil skor  guru 34. Hasil keseluruhan dari aktivitas anak mencapai 100% dan hasil penilaian yaitu 100% dengan kategori berkembang sangat baik dari pengembangan anak dalam menyusun gambar dan menirukan gerakkan ibadah sholat anak sudah sangat baik.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI