DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN NILAI AGAMA DAN MORAL DALAM MEMILIKI PERILAKU MULIA MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE STORY TELLING DAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK SUN SHINE BANJARMASIN
PENGARANG:MARISA INDRIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-29


ABSTRAK

Indriana, M. 2019. Upaya Mengembangkan Kemampuan Nilai Agama dan Moral dalam Memiliki Perilaku Mulia menggunakan Kombinasi Metode Story Telling dan Model Example Non Example dengan Media Gambar pada Anak Kelompok B TK Sun Shine Banjarmasin. Skripsi Program Strata-1 PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik 2018/2019. Pembimbing: Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd, Ph.D

 

Kata kunci :  Nilai Agama dan Moral, Story Telling, Example Non Example

 

Berdasarkan observasi pendahuluan yang penulis lakukan pada anak kelompok BTK Sun Shine Banjarmasin diperoleh gambaran bahwa kemampuan nilai agama dan moral dalam memiliki perilaku mulia masih belum maksimal.Hal ini disebabkan aktivitas belajar anak yang rendah, karena anak-anak masih belum mampu menerapkan nilai-nilai moral yang telah diajarkan misalnya bersikap jujur dan suka menolong sikap dan perilaku anak tidak sesuai dengan nilai agama dan moral. Oleh sebab itu perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan kombinasi metode story telling dan model example non example dengan media gambar melalui penelitian, dengan tujuan dapat mengembangkanaspek nilai agama dan moral dalam memiliki perilaku mulia pada anak kelompok B TK Sun Shine Banjarmasin.

Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan 3 kali pertemuan. Pengumpulan data yaitu melalui observasi aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak kelompok B TK Sun Shine Banjarmasin yang berjumlah 16 anak. Dengan indikator keberhasilan untuk aktivitas guru 84%-100% (Sangat Baik), aktivitas anak rata-rata kelas 81% Aktif dan Sangat Aktif, serta perkembangan kemampuan nilai agama dan moral secara individual dan klasikalmencapai ≥81% mendapat «««.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai 94 dengan kategori sangat baik. Aktivitas anak mencapai 94% (hampir seluruh anak aktif). Untuk hasil kemampuan aspek nilai agama dan moral dalam memiliki perilaku mulia berhasil berkembang dengan persentase 89% anak memperoleh 򮮮.

Dapat disimpulkan bahwa kemampuan nilai agama dan moral dalam memiliki perilaku mulia menggunakan kombinasi metode story telling dan model example non example dengan media gambar pada anak kelompok B TK Sun Shine Banjarmasindikatakan berhasil/berkembang. Saran yang diberikan bahwa dengan menggunakan kombinasi metode story telling dan model example non example dengan media gambar tugas salah satu alternatif strategi pembelajaran pada kemampuan nilai agama dan moral.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI