DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DALAM MENJIPLAK BENTUK MELALUI METODE DEMONSTRASI DAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INTRUCTION DENGAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A TK AISYIYAH 43 BANJARMASIN
PENGARANG:MASDIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-29


ABSTRAK

Masdiana. 2019. Upaya Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus dalam Menjiplak Bentuk melalui Metode Demonstransi dan Model Explicit Instruction dengan Media Gambar pada Anak Kelompok A TK Aisyiyah 43 Banjarmasin. Skripsi Program Strata-1 PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik 2019/2020. Dosen Pembimbing: Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd, Ph.D

 

Kata kunci :  Motorik Halus, Menjiplak, Demonstrasi, Explicit Intruction

 

Berdasarkan observasi pendahuluan yang penulis lakukan diperoleh gambaran bahwa kemampuan motorik halus dalam menjiplak bentuk masih belum maksimal pada anak kelompok A TK Aisyiyah 43 tahun ajaran 2019/2020, dapat terlihat dari 14 anak hanya 5 anak (36%) dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan 9 anak (64%) dengan kategori Mulai Berkembang. Hal ini disebabkan oleh proses belajar mengajar masih cendrung berorientasi pada transfer pengetahuan. Metode yang digunakan masih monoton yaitu terpaku pada metode ceramah dan tanya jawab dan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar masih terpaku pada buku-buku pelajaran dalam suasana formal di sekolah. Oleh sebab itu perlu dilakukan inovasi pembelajaran melalui metode demonstransi dan model explicit instruction dengan media gambar, dengan tujuan dapat mengembangkan kemampuan motorik halus dalam menjiplak bentuk pada anak kelompok A TK Aisyiyah 43.

Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan 3 siklus. Pengumpulan data yaitu melaui observasi aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak kelompok ATK Aisyiyah 43yang berjumlah 14 anak.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai 97 dengan kategori sangat baik. Aktivitas anak mencapai 93% (hampir seluruh anak aktif). Untuk hasil kemampuan motorik halus dalam menjiplak bentuk berhasil/berkembang dengan persentase 86% anak memperoleh «««.

Dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus dalam menjiplak bentukmelalui metode demonstransi dan model explicit instruction dengan media gambar pada anak kelompok kelompok ATK Aisyiyah 43 dikatakan berhasil/berkembang. Saran yang diberikan bahwa melalui metode demonstransi dan model explicit instruction dengan media gambar  salah satu alternatif strategi pembelajaran pada kemampuan motorik halus.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI