DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ASPEK MOTORIK KASAR DALAM MELAKUKAN KEGIATAN KEBERSIHAN DIRI MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE DEMONSTRASI, MODEL TALKING STICK, DAN MODEL ROLE PLAYING PADA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK KANAK ISLAM TERPADU ASSALAM TANAH LAUT
PENGARANG:LIA MULIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-29


ABSTRAK

 

Muliani, L. 2019. . Mengembangakan Kemampuan Aspek Motorik Kasar Dalam Kegiatan Kebersihan Diri dengan Kombinasi Metode Demonstrasi, Model Talking Stick, dan Model Role Playing ada anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Assalam Tanah LAut. Skripsi Program Strata-1 PG-PSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik 2018/2019. Pembimbing: Dr. H. Ahmad Muhyani Rizalie, M.Si

 

Kata kunci : Motorik kasar, Demonstrsasi, Talking Stick, Role Playing

 

Berdasarkan observasi pendahuluan yang penulis lakukan pada anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Islam Terpasdu Assalam Tanah lautdiperoleh gambaran bahwa kemampuan motorik kasar dalam kegiatan kebersihan dirimasih belum maksimal.Hal ini disebabkan karena anak kurang memeperhatikan bahan pembelajaran, anak kurang menarik terhadap pembelajaran, lambat dalam memehami materi, dan kurangnya antusias terhadap pembelajaran.Oleh sebab itu perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan kombinasi metode demontrasi, Model Talking Stick, dan Model Role Playingmelalui penelitian, dengan tujuan dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar dalam kegiatan kebersihan diripada anak kelompok B Taman kanak kanak Islam Terpadu Asslam Tanah laut.Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan 3 kali pertemuan. Pengumpulan data yaitu melalui observasi aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak kelompok B Taman Kanak Kanak Islam Terpadu Assalam Tanah lautyang berjumlah 15 orang anak.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus I mencapai 65,63% dengan kategori baik, siklus II mencapai 81,25% dengan kategori sangat baik dan siklus III mencapai 93,75% dengan kategori sangat baik. Aktivitas anak siklus I mencapai 64,34%, siklus II mencapai 72,20% dan siklus III mencapai 82,08%. Untuk hasil perkembangan mototik kasar pada siklus I mencapai 46,67%, siklus II mencapai 66,67% dan siklus III mencapai 93,33%.

Dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik kasar dalam melakukan kebersihan diri menggunakan kombinas metode demonstrasi, model talking stick, model role playing pada anak kelompok B Taman kanak kanak Islam Terpadu Assalam Tanah Laut bahasa dikatakan berhasil/berkembang. Saran yang diberikan bahwa dengan menggunakan metose demonstrasi, model talking stick, dan model role playingsalah satu alternatif strategi pembelajaran pada kemampuan motorik kasar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI