DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DENGAN DISIPLIN KERJA GURU, IKLIM KERJA DAN PROFESIONALISME GURU MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SE-KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH
PENGARANG:MUHAMMAD KAFRAWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-29


Kafrawi, Muhammad. 2019.Hubungan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dengan Disiplin Kerja Guru, Iklim Kerja dan Profesionalisme Guru Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Tesis. Program Magister Manajemen Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Prof.Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd.,Ph.D, (2) Dr. Ngadimun, MM.

 

Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Disiplin Kerja, Iklim Kerja, Profesionalisme Guru.

 

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendiskripsikan tentang kepemimpinan transformasional kepala sekolah, iklim kerja, disiplin kerja dan profesionalisme guru, (2) Menganalisis hubungan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan disiplin kerja guru, (3) Menganalisis hubungan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan iklim kerja, (4) Menganalisis hubungan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan profesionalisme guru, (5) Menganalisis hubungan disiplin kerja dan profesionalisme guru, (6) Menganalisis hubungan iklim kerja dan profesionalisme guru, (7) Menganalisis hubungan tidak langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan profesionalisme guru melalui disiplin kerja guru, (8) Menganalisis hubungan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan profesionalisme guru melalui iklim kerja guru.

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 141 orang. Instrumen pengumpulan data yaitu angket yang telah memenuhi syarat uji validitas dan reliabilitas. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan analisis jalur dengan metode regressi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepemimpinan transformasional  kepala sekolah, disiplin kerja, iklim kerja, dan profesionalisme guru masuk kedalam klasifikasi tinggi (2) Ada hubungan secara langsung Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dengan disiplin kerja guru. (3) Ada hubungan secara langsung Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dengan iklim kerja (4) Ada hubungan secara langsung Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dengan profesionalisme guru (5) Ada hubungan secara langsung antara disiplin kerja guru dengan profesionalisme guru, (6) Ada hubungan secara langsung iklim kerja dengan profesionalisme guru, (7) Ada hubungan tidak langsung Kepemimpinan Transformasional kepala sekolah dengan profesionalime guru melalui disiplin kerja, (8) Ada hubungan tidak langsung Kepemimpinan Transformasional kepala sekolah dengan profesionalisme guru melalui iklim kerja.

Kesimpulan: terdapat hubungan langsung dan tidak langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah, iklim kerja, disiplin kerja dan profesionalisme guru. Saran: Guna mempertahankan kedisiplinan guru dalam mengikuti upacara hari nasional, maka perlu ada pemberian sanksi bagi guru yang terlambat ataupun yang tidak bersedia berpartisipasi dalam pelaksanaan upaca hari nasional.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI