DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH LATIHAN LARI INTERVAL TERHADAP STATUS KEBUGARAN JASMANI PESERTA DIDIK SDN KALUDAN KECIL
PENGARANG:SUPIAN INDERA JAYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-29


ABSTRAK

 

 

 

SUPIAN INDERA JAYA. 2016. Pengaruh Latihan Lari Interval Terhadap Status Kesegaran Jasmani pada Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri Kaludan Kecil, Program Studi Magister Keguruan Olahraga (S2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Utama: Dr. AR. Shadiqin, M.Kes., Pembimbing Pendamping: Dr. H. Syamsul Arifin, M.Pd.

 

 

 

Kata Kunci: Pengaruh, Latihan, Lari, Interval, Kesegaran Jasmani.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan lari interval terhadap tingkat kesegaran jasmani pada peserta didik Sekolah Dasar Negeri Kaludan Kecil.

Metode Penelitian yang digunakan adalah metode pre-experiment design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SDN Kaludan Kecil yang berjumlah 24 orang terdiri peserta didik putra dan putri, sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 24 orang, yang terdiri dari 12 putra dan 12 orang putri dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pretest tingkat kesegaran jasmani pada peserta didik Sekolah Dasar Negeri Kaludan Kecil diperoleh rata-rata = 15,17 dengan standar deviasi = 1,633. Sedangkan pada variabel posttest tingkat kesegaran jasmani pada peserta didik Sekolah Dasar Negeri Kaludan Kecil diperoleh rata-rata= 18,25 dengan standar deviasi= 2,069. Hasil uji-t diperoleh t hitung = 18,206 > t tabel (23;0,025) = 2,207, atau dengan Sig.(2-tailed)= 0,000; ternyata Sig.(2.tailed) < 0,05 dengan demikian t hitung tersebut signifikan. Kesimpulannya bahwa ada pengaruh latihan lari interval terhadap tingkat kesegaran jasmani pada peserta didik Sekolah Dasar Negeri Kaludan Kecil.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI