DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DIKOLABORASIKAN DENGAN MODEL KEPALA BERNOMOR STRUKTUR DAN DIVARIASIKAN DENGAN MODEL TALKINGSTICK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK KELAS V SDN ABUMBUN JAYA KECAMATAN SUNGAI TABUK KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:SAIRANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-29


ABSTRAK

Sairani. 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw dikolaborasikan dengan Model Kepala Bernomor Struktur dan Di Variasikan dengan Model Talking Stick  pada Mata Pelajaran Matematika Materi Volume Kubus dan Balok Kelas V SDN Abumbun Jaya Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar. Skripsi Program Pendidikan Guru Pra Sekolah dan Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Prof. Drs. H. Rustam Effendi, M.Pd, Ph.D.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Volume Kubus dan Balok, Jigsaw, Kepala Bernomor Struktur, Talking Stick.

 

Permasalahan yang terjadi pada mata pelajaran Matematika Materi Kubus dan Balok dikelas V SDN Abumbun Jaya Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjardikarenakan kurang tepatnya strategi pengajaran dalam proses pembelajaran, dimana penyampaian materi masih menggunakan model tradisional yang hanya menggunakan metode ceramah didepan kelas dan pada saat menyampaikan informasi  tidak didukung dengan penggunaan alat peraga untuk memperjelas materi, sehingga suasana kelas menjadi tidak menyenangkan (membosankan). Selain itu kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, dimana siswa hanya mendengarkan apa yang dijelaskan guru kemudian mengerjakan tugas yang diberikan. Siswa kurang berpartisipasi didalam pembelajaran, dimana siswa kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikirnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar.

Setting penelitian dilaksanakan dikelas V SDN Abumbun Jaya Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar, semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa ada 25 orang  yaitu 10 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi terhadap aktivitas guru dan aktivitas siswa dengan mengamati selama pembelajaran berlangsung, dan hasil belajar siswa dilakukan diakhir pembelajaran.Indikator keberhasilan aktivitas guru dalam pembelajaran adalah jika mencapai kategori sangat baik dan aktivitas siswa dengan kategori sangat aktif. Hasil belajar siswa dengan indikator keberhasilan yaitu ≥65 atau secara klasikal mencapai ≥81%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan kategori sangat baik. Aktifitas siswa terjadi peningkatan dengan kategori sangat aktif. Berdasarkan hasil ketuntasan klasikal belajar siswa meningkat dari siklus I yaitu 72 % dari 25 siswa hanya 18 siswa yang tuntas dan siklus II yaitu 92 % dari 25 siswa menjadi 23 siswa yang tuntas.

 Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw dikombinasikan dengan model Kepala Bernomor Struktur dandivariasi dengan Taking Stick. Sehingga model pembelajaran Jigsaw dikombinasikan dengan model Kepala Bernomor Struktur dandivariasi dengan Taking Stick disarankan kepada guru, kepala sekolah dan peneliti lain agar dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam variasi pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran Matematika materi Volume Kubus dan Balok.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI