DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI FPB DAN KPK MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL DIRECT INSTRUCTION (DI), STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD), DAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV A SDN SN SURGI MUFTI 1 BANJARMASIN TAHUN AJARAN 2018/2019
PENGARANG:IKA YULIANSARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-29


ABSTRAK

Yuliansari, Ika. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi FPB dan KPK Menggunakan Kombinasi Model Direct Instruction (DI), Student Teams-Achievement Divisons (STAD) dan Make A Match Pada Siswa kelas IV A SDN SN Surgi Mufti 1 Banjarmasin tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Sunarno, M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar, FPB dan KPK, Kombinasi Model Direct Instruction, Student Teams-Achievement Divisions dan Make A Match.

 

            Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas IV A SDN SN Surgi Mufti 1 Banjarmasin. Hal ini dikarenakan pemahaman siswa kurang terhadap materi, siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, motivasi belajar siswa kurang, siswa kurang berinteraksi dan siswa sulit dalam mengerjakan soal. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan kombinasi model Direct Instruction, Student Teams-Achievement Divisions, dan Make A Match. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan dengan dua kali pertemuan. Subjek  penelitian adalah siswa kelas IV A semester ganjil SDN SN Surgi Mufti 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data berupa deskriptif kualitatif dengan menggunakan cross tabel.

            Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kualitas aktivitas guru yang semula mencapai kriteria “Baik” pada pertemuan 1 menjadi kriteria “Sangat Baik” pada pertemuan 2. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai kriteria “Aktif” menjadi kriteria “Sangat Aktif” pada pertemuan 2. Pada pertemuan 1 ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif mencapai 70% kemudian meningkat menjadi 100% pada pertemuan 2. Pada pertemuan 1 ketuntasan klasikal hasil belajar afektif mencapai 74% kemudian meningkat menjadi 96% pada pertemuan 2. Serta pada pertemuan 1 ketuntasaan klasikal hasil belajar psikomotorik mencapai 67% dan pada pertemuan 2 mencapai 96%.

            Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kominasi model Direct Instruction, Student Teams-Achievement Divisions dan Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI