DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH DENGAN KOMBINASI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIDISION (STAD), MAKE A MATCH DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS V SDN BINCAU 2 MARTAPURA
PENGARANG:HALIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-29


ABSTRAK

 

Meningkatan Hasil Belajar IPS PADA Materi Perjuangan Melawan

Penjajah dengan Kombinasi Model Student Achievement Division (STAD), Make A Macth  dan Talking Stick padaSiswa Kelas V SDN Bincau 2 Martapura” HALIMAH. 2019. Skripsi Program S 1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Drs. H. Mahlan Asmar, M. Pd(I) Drs. 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Kombinasi, Model Student Achievement Division (STAD), Make A Macth  dan Talking Stick

Rendahnya hasil belajar siswa mata pelajaran IPS sebagian besar diduga dalam kegiatan pembelajaran siswa merasa bosan karena lebih banyak mendengarkan, pembelajaran masih konvensional, kurangnya partisipasi siswa dalam memecahkan masalah serta kurangnya interaksi siswa antara satu dengan yang lain. Maka dari itu berkaca dari permasalahan tersebut, peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas (PTK) untuk memecahkan permasalahan tersebut yaitu menggunakan Kombinasi Model Student Achievement Division (STAD), Make A Macth  dan Talking Stick. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Bincau 2 Martapura yang berjumlah 31 orang terdiri dari 20 orang laki-laki dan 11 orang perempuan.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dua siklus .Seting penelitian adalah siswa kelas V SDN Bincau 2 Martapura semester 2 tahun pelajaran 2018/2019,dengan jumlah siswa 31 orang yaitu 20 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan.Data yang disajikan dalam penelitian ini adalah data kualitatif berupa nilai kegiatan guru mengajar,aktivitas siswa belajar dan hasil belajar siswa berupa kuis.Analisis hasil tes menggunakan indicator ketuntasan belajar berupa nilai KKM IPS Kelas V. 

Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan kombinasi  Model Student Achievement Division(STAD), Make A Macth  dan Talking Stick pada materi Perjuangan Melawan Penjajah siswa kelas V SDN Bincau 2 Martapura dapat meningkatkan kegiatan guru mengajar yang memperoleh skor 22 (sangat baik),aktivitas siswa belajar memperoleh skor 63,4(aktif),dan hasil belajar memperoleh skor 75,81 (tuntas) .Ketuntasan hasil belajar individu 93,5% dan secara klasikal 80%.

Dengan demikian aktivitas guru mencapai kriteria sangat baik,aktivitas siswa aktif dan hasil belajar sudah memenuhi indicator keberhasilan yang ditetapkan.Diharapkan guru untuk menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu alternative model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran untuk membentuk siswa mencapai hasil belajar yang baik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI