DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN ASPEK BAHASA MEMAHAMI CERITA (MENYEBUTKAN NAMA NAMA TOKOH YANG ADA DALAM CERITA ) MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN DIKOMBINASIKAN METODE BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK B TK. TRISULA IV BANJARMASIN
PENGARANG:NURUL HIDAYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-29


ABSTRAK

 

Hidayah, Nurul. 2019. Upaya Mengembangkan Aspek Bahasa  Memahami Cerita (Menyebutkan Nama Nama Tokoh Yang Ada Dalam Cerita ) Menggunakan Model Picture And Picture Dengan Media Boneka Tangan Dikombinasikan Metode Bercerita Pada Anak KelompokB TK. Trisula IV Banjarmasin. Skripsi S1 PG. PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Dr. Novitawati, S.Psi, M.Pd

 

Kata kunci : Aspek Bahasa  Memahami Cerita (Menyebutkan Nama Nama Tokoh Yang Ada Dalam Cerita), Picture And Picture, Media Boneka Tangan,Metode Bercerita

 

Permasalahannya anak kelompokB TK Trisula IV Banjarmasin masih kurang mampu dalam menyampaikan yang telah diceritakan guru kepada anak. Penyebabnya anak kurang menjadi berkembang cara berbahasa mereka dan aspek bahasa mereka kurang dapat membuat mereka termotivasi dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan aspek bahasa  memahami cerita (menyebutkan nama nama tokoh yang ada dalam cerita ) menggunakan model picture and picture dengan media boneka tangan dikombinasikan metode bercerita pada anak kelompokB TK Trisula IV Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini  berjumlah 15 orang anak. Isntrumen yang digunakan observasi dan tes kepada anak. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Indikator keberhasilan guru mencapai skor nilai  26-31 dengan katagori sangat baik terlaksana. Aktivitas anak dikatakan berhasil  apabila  rata-rata  kelas   secara klasikal  80% anak katagori minimal aktif.  Hasil pengembanga aspek secara klsikal 80%  anak memeperoleh  minimal bintang 3 (***)

Hasil penelitian menunjukkan bahwa  aktivitas guru mencapai hasil 93.2%. Hasil aktivitas mencapai hasil 93.3%. Hasil perkembangan berbahasa anak mencapai hasil 87% maka berdasarkan dari hasil kesimpulan hipotesis maka dapat diketahui bahwa dengan menggunakan model picture and picture dengan media boneka tangan dikombinasikan metode bercerita pada anak kelompok B TK. Trisula IV Banjarmasin dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak dalam dalam belajar bahasa.

Berdasarkan hasil kesimpulan  disarankan kepada guru dapat menerapkan kombinasi model picture and picture dengan menggunakan boneka tangan dan metode bercerita dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam memilih pendekatan dan model pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI