DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGAKAN ASPEK KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE TANYA JAWAB DAN PEMBERIAN TUGAS DENGAN MODEL MAKE A MATCH PADA KELOMPOK A TK NEGERI IDAMAN KOTA BANJARBARU
PENGARANG:SITI NOOR JANNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-29


ABSTRAK

Jannah, Siti Noor, 2019. “Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Dalam Mengenal Lambang Bilangan Menggunakan Metode Tanya Jawab dan Pemberian Tugas dengan Model Make A Match Pada Kelompok A TK Negeri Idaman Kota Banjarbaru”. Skripsi S1 Program Pendidikan Guru Prasekolah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Sulaiman, M.Pd., Ph.D.

 

 

Kata Kunci : Kognitif, Lambang Bilangan, Tanya Jawab, Pemberian Tugas, Make A Match

 

Penelitian ini berlatar belakang pada kurang berkembangnya kemampuan kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan. Penyebabnya adalah selama pembelajaran berlangsung masih ada anak yang belum bisa fokus terhadap penjelasan dari guru, anak terlihat kurang berminat, kurang antusias dan kurang tertarik. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan aspek kognitif dalam mengenal lambang bilangan menggunakan kombinasi metode tanya jawab dan pemberian tugas dengan model make a match pada anak kelompok A TK Negeri Idaman Kota Banjarbaru.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil pengembangan aspek kognitif. Indikator keberhasilan dalam PTK ini danyatakan berhasil apabila aktivitas guru mencapai kategori minimal sangat baik dengan rentang skor 82, aktivitas anak apabila anak berada pada minimal kategori aktif yaitu dengan skor 82 dan pengembangan aspek kognitif anak secara individu minimal memperoleh     ***         dan secara klasikal mencapai skor 82%.

Hasil penelitian pada setiap pertemuan selalu meningkat. Aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor 55,65 dengan kategori “cukup baik”, pada siklus II meningkat dengan skor 69,45 dengan kategori “baik”. siklus III meningkat lagi dengan skor 82,50 dengan kategori “sangat baik”. Aktivitas anak pada siklus I secara klasikal memperoleh 25,00% dengan kategori “sebagian kecil anak aktif”, pada siklus II meningkat memperoleh78,58% dengan kategori “sebagian anak aktif”. Dan siklus III meningkat memperoleh skor 93,58% dengan kategori “sebagian besar anak aktif”. Untuk hasil pengembangan aspek kognitif anak pada siklus I secara klasikal memperoleh 50,00% dengan kriteria “mulai berkembang”, pada siklus II memperoleh 70,00% dengan kriteria “berkembang sesuai harapan”, pada siklus III memperoleh 95,00% dengan kriteria “berkembang sangat baik”.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan kombinasi metode tanya jawab dan pemberian tugas dengan model make a match dalam mengenal lambang bilangan dapat mengembangkan kognitif anak pada kelompok A TK Negeri Idaman Kota Banjarbaru.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI