DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK DALAM MELAKUKAN EKSPLORASI PADA BERBAGAI MEDIA DAN KEGIATAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL EXPLICIT INSTRUCTION, METODE DEMONSTRASI DN PEMBERIAN TUGAS PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK MELATI BANJARMASIN TIMUR
PENGARANG:ZUBAIDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-29


ABSTRAK

 

 

Zubaidah. 2019 “Mengembangkan Motorik Halusi Anak Dalam Melakikan Eksplorasi Pada Berbagai Media Dan Kegiatan Menggunaka Kombinasi Model Explicit Instruction,Metode Demonstrasi dan Pemberian Tugas Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-kanak Melati Banjarmasin Timur”

 

Kata Kunci  : Eksplorasi, Kombinasi Model Explicit Instruction, Metode Demonstrasi  dan Pemberian Tugas.

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan motorik halus anak dalam melakukan eksplorasi pada berbagai media dan kegiatan masih belum optimal dimana nilai rata-rata Pengembangan Kemampuan anak berada pada kreteria Mulai Berkembang (MB) atau **. Hal ini disebabkan oleh kurang tepatnya model dan metode yang digunakan sehingga anak kurang mengerti dan media pembelajaran kurang menarik. Untuk mengatasi permasalahan diatas digunakan kombinasi dan pemberian tugas.

 Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam empat kali siklus. Penenlitian berlangsung pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak Melati Banjarmasin Timur dengan jumlah anak 20 orang yang terdiri dari 8 oarang anak laki-laki dan 12 orang anak perempuan.

 

Berdasarkan data yang diperoleh pada aktivitas guru dengan menggunakan kombinasi model Explicit Instruction,metode demonstrasi dan Pemberian Tugas di Taman Kanak-kanak Melati Banjarmasin Timur pada siklus I berada pada kriteria “Kurang Baik” pada siklus 2 meningkat menjadai “Cukup Baik” dan pada siklus 3 meningkat lagi menjadi “Baik” hingga terjadi peningkatan lagi pada siklus 4 pada kriteria “Sangat Baik”. Pada aktivtas anak menggunakan kombinasi model Explicit Instruction, Metode Demonstrasi dan Pemberian Tugas mencapai kategori “Sangat Aktif” dengan Pengembangan Kemampuan anak mencapai kategori “Berkembang sanagt Baik (BSB)”.

 Disimpulkan bahwa penggunaan Model Explicit Instruction, Metode Demonstrasi dan Pemberian Tugas dapat meningkat aspek motorik halus anka dalam melakukan eksplorasi pada berbagai media dan kegiatan. Agar pembelajaran yang vsesuai dengan harapan dapat terlaksana disarankan kepada guru agar mempergunakan model dan media yang sesuai dan menarik untuk anak.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI