DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ASPEK NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL DALAM MEMBEDAKAN PERBUATAN BAIK DAN BURUK PADA TEMA REKREASI MENGGUNAKAN VARIASI MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN METODE PEMBERIAN TUGAS DAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA ANAK KELOMPOK B TK ARRAHMATUL ABADIYYAH BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:HAMIDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-29


ABSTRAK

Hamidah, 2019 “ UpayaMengembangkan Kemampuan Aspek Nilai-nilai Agama dan Moral Dalam Membedakan Perbuatan Baik dan Buruk Pada Tema Rekreasi Menggunakan Variasi Model Example Non ExampleDengan Metode Pemberian Tugas dan Media Papan Flanel Pada Anak Kelompok B TKArrahmatul Abadiyyah BanjarmasinUtara”.Skripsi Program Studi Strata 1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini. FKIP Unlam. Pembimbing Drs. H. Mahlan Asmar, M.Pd

Kata Kunci : Aspek Nilai-nilai Agama dan Moral, Model example non exampel , Metode Pemberian Tugas, Media Papan Flanel.

            Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil perkembangan nilai-nilai agama dan moral pada anak kelompok B TK Arrahmatul AbadiyyahBanjarmasin dalam membedakan perbuatan baik dan buruk. Permasalahan ini terjadi disebabkan oleh rendahnya pengetahuan anak dalam membedakan mana perilaku yang baik yang harus ditiru dan mana perilaku yang buruk yang tidak boleh ditiru, bahkan masih banyak anak-anak yang suka menyendiri, pendiam, kurang fokus dan kurang terlibat secara aktif dalam pembelajaran serta anak cenderung memaksakan kehendaknya dengan sikap egosentris yang tinggi Serta penggunaan model yang kurang dapat memotivasi dan membuat anak aktif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui (1) hasil aktifitas guru, (2) hasil aktititas anak, dan (3) hasil perkembangan NAM anak dalam membedakan perbuatan baik dan buruk dengan menggunakan model example non example dengan metode pemberin tugas dan media papan flanel.

Penelitian tindakan kelas termasuk penelitian kualitatif , meskipun data yang dikumpulkan bisa saja bersifat kuantitatif, dimana uraiannya bersifat deskriptif dalam bentuk ucapan kata, penelitian merupakan instrument utama dalam pengumpulan data, proses sama pentingnya dengan produk dan dilaksankan dalam 3 pertemuan yang dimana setiap pertemuan terdiri beberapa tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian yang berjumlah 18 orang anak. Objek penelitian ini adalahan pengembangan aspek nilai-nilai agama dan moral.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil perkembangan aktivitas guru, aktivitas anak dan perkembangan agama dan moral anak dalam kegiatan pembelajaran menggunakan variasi model example non example dengan metode pemberian tugas dan media papan flanel pada setiap pertemuan. Pada aktivitas guru mengalami peningkatan dari pertemuan I guru memperoleh skor 20 dengan kriteria “cukup baik”, pada pertemuan II memperoleh skor 32 dengan kriteria “baik” dan pertemuan III memperoleh skor 37 dengan kriteria “sangat baik”. Pada aktivitas anak setiap pertemuan mengalami peningkatan dengan pertemuan I memperoleh skor 57% dengan kriteria “cukup aktif” pada oertemuan II memperoleh skor 66% dengan kriteria “aktif” pada pertemuan III memperoleh skor 97% dengan krteria “sangat aktif” . padahasil pencapaian perkembangan bahasa anak dalam aspek nilai-nilai agama dan moral juga mengalami peningkatan dan dikatakan telah berhasil dan memperoleh skor 97% .

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengguna variasimodel examples non examples dengan metode pemberian tugas dan media papan flanel dapat mengembangkan aspek nilai-nilai agama dan moral dalam membedakan perbuatan baik dan buruk. Disarankan agar hasil penelitian ini dapat memberikan masukan dan informasi yang berguna untuk memperbaiki pembelajaran pada nilai-nilai agama dan moral anak

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI