DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA PADA TEMA BENDA-BENDA DISEKITAR KITA MUATAN PKN DENGAN MENGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DIKOMBINASIKAN DENGAN NUMBERED TOGETHER (NHT) DAN COURSE REVIEW HOREY (CRH) PADA SISWA KELAS V SDN PELAMBUAN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:KHAIRUN NISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-29


ABSTRAK

 

Nisa, Khairun. 2019. ”Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Tema Benda-Benda Di Sekitar Kita Dengan Muatan PPKn Dengan Menggunakan  Kombonasi Model Pembelajaran Group Investigation, Di Kombinasikan Numbered Head Together (NHT) Course Review Horey (CRH). Pada Siswa Kelas V SDN Pelambuan 1 Banjarmasin”. Skripsi Program PendidikanGuru PraSekolah dan Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Tema Benda-Benda Di Lingkungan Sekitar Kita, Group Investigation, Number Head Together (NHT) Course Review Horey (CRH).

Aktivitas belajar siswa masih belum mampu berpikir kritis, kurang berpartisipasi, dan cenderung pasif. Untuk mengatasi permasalahan tersebutdiberikan inovasi pembelajaran dengan mengombinasikan model pembelajaran Group Investigation, Numbered Head Together dan Course Review Horey. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaannyaaktivitas guru, peningkatan aktivitas siswa, dan hasil belajar dengan menggunakan kombinasi model tersebut.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan dengan jumlah siswa 30 orang yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik analisis data berupa kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika aktivitas guru mencapai 27 - 32 dengan kategori Sangat Baik, aktivitas siswa ≥70% termasuk kriteria sangat aktif, serta hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal ≥70%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru pada pertemuan 4 memperoleh 32 dengan kriteria “Sangat Baik”. Peningkatan aktivitas siswa pada pertemuan 4 memperoleh 100% dengan kriteria “Sangat Aktif”.Ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif meningkat 100% pada Pertemuan 4. Ketuntasan klasikal hasil belajar afektif meningkat menjadi 100% pada pertemuan 4. Ketuntasan klasikal hasil belajar psikomotorik mencapai mencapai 100% pertemuan 4.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Group Investigation, Numbered Head Together dan Course Review Horey dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Maka disarankan kepada guru agar model pembelajaran tersebut bisa dijadikan alternatif dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI