DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengklasifikasikan Benda Berdasarkan Bentuk, Warna dan Ukuran Melalui Kombinasi Model Direct Instruction dengan Media Balok dan Roncean Pada Anak Kelompok A TK Melati Banjarmasin Timur
PENGARANG:MASDIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-29


Kata Kunci: Kemampuan Kognitif, Model Direct Instruction dengan Media Balok dan Roncean

           

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan kognitif anakdalam mengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk, warna dan ukurandengan tepat. Anak masih belum memahami perbedaan warna seperti kuning dan jingga, hijau dan biru. Anak belum mampu membedakan bentuk seperti persegi dan segitiga serta belum mampu membedakan ukuran seperti panjang dan pendek. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui aktivitas guru; (2) mengetahui aktivitas anak; (3) Hasil pengembangan kemampuan kognitif anak dalam mengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk, warna dan ukuranpada media balok dan roncean pada anak kelompok A TK Melati Banjarmasin Timur.

Metode penelitian ini mengunakan penelitian kuatitatif dan kualitatif yang berguna untuk meneliti proses yang sedang berlangsung. Dengan subjek penelitian di TK Melati Banjarmasin Timurdengan jumlah 16 orang terdiri dari 7 orang anak laki-laki dan 9 orang anak perempuan pada semester II tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu upaya guru untuk meningkatkan mutu pembelajaran dalam kelas. Adapun tahapan yang dilakukan adalah perencanaan, pelaksanaan, obsevasi, refleksi. Penelitian ini di laksanakan dalam tiga kali siklus.

Hasil penelitian pada setiap pertemuansemakin meningkat. Aktivitas guru pada siklus I mendapat skor 15dengan kategori “CukupBaik” dan pada pertemuan IIImendapat skor 23dengan kategori “SangatBaik”. Hasil aktivitas anak pertemuan I secara klasikal 50% dengan kategori “CukupAktif” dan meningkat pada siklus IIIsecara klasikal dengan perolehan skor 100% dengan kategori “SangatAktif”. Untuk perkembangan kemampuan kognitifanak pada pertemuan I  berkembang secara klasikal sebanyak 38% mengalami peningkatan pada pertemuan III yang berkembang secara klasikal sebanyak 100% atau mencapai indikator keberhasilan. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Direct Instruction dengan Media Balok dan Roncean dapat meningkatkan pengembangan kemampuan kognitif anakdalam mengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk, warna dan ukuranpada media balok dan roncean pada anak kelompokA TK Melati Banjarmasin Timur.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI