DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENJAWAB PERTANYAAN YANG LEBIH KOMPLEKS MENGGUNAKAN METODE TANYA JAWAB YANG DIVARIASIKAN DENGAN MODEL TALKING STICK UNTUK MENGEMBANGKAN ASPEK BAHASA PADA ANAK KE,LOMPOK B TK NEGERI PEMBINA BANJARMASIN TIMUR
PENGARANG:NIRMAWATI FADLI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-29


ABSTRAK

 

Fadli, Nirmawati 2019 “ kemampuan menjawab pertanyaan yang lebih kompleks menggunakan metode Tanya jawab yang divariasikan dengan model talking stick  untuk mengembangkan aspek bahasa pada anak kelompok B Paud terpadu Negeri Pembina Banjarmasin Timur”. Skripsi Program Studi Strata 1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini FKIP Unlam. Pembimbing Prof. Drs. H. Rustam Effendi. M,Pd.,Ph.D

 

Kata Kunci   : Aspek bahasa, menjawab pertanyaan lebih komplek, Tanya Jawab, Talking stick

 

Masalah penelitian ini rendahnya hasil perkembangan aspek bahasa anak dalam menjawab pertanyaan yang lebih kompleks kelompok B PAUD  Terpadu Negeri Pembina Banjarmasin Timur. Permasalahan ini terjadi karena anak belum mampu menjawab pertanyaan yang lebih kompleks dari guru nya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) aktifitas guru (2) aktifitas anak, dan (3) hasil perkembangan aspek bahasa anak menjawab pertanyaan yang lebih kompleks menggunakan metode Tanya jawab yang divariasikan dengan model talking stick.

Metode penelitian ini mengunakan jenis penelitian kualitatif, dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). untuk memperoleh data berdasarkan tingkat kualitas dengan cara observasi kegiatan anak Dengan 4 rancangan pada 4 kali pertemuan, dan disetiap pertemuan dilakukan perencanaan, pelaksanaan, obsevasi, refleksi.

Hasil penelitian ini keberhasilan guru dengan skor 36 sangat baik, aktivitas anak secara rata – rata kelas mencapai persentase ≥ 81% dengan kriteria sangat aktif dan secara klasikal ≥ 100% dengan kriteria sangat aktif dan hasil belajar pengembangan aspek bahasa anak secara individual mendapat bintang 3 dan 4  dan klasikal ≥ 100%. hasil penelitian setiap pertemuan semakin meningkat. Aktivitas guru pada siklus ke 1 mendapat skor 16 dengan kriteria “Cukup Baik” dan pada siklus 4  mendapat skor 31 dengan kriteria “Sangat Baik”. Hasil aktivitas anak siklus 1 secara klasikal 50 % dengan kategori “Cukup Aktif” dan meningkat pada siklus 4 secara klasikal dengan perolehan skor 100% dengan kategori “Sangat Aktif”. untuk perkembangan aspek bahasa anak pada siklus 1 berkembang secara klasikal sebanyak 19% mengalami peningkatan pada siklus 4 yang berkembang secara klasikal sebanyak 100% atau mencapai indikator keberhasilan

Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Tanya jawab yang divariasikan dengan model talking stick  dapat mengembangkan kemampuan aspek bahasa anak dalam menjawab pertanyaan yang lebh kompleks  pada anak kelompok B PAUD Terpadu Negeri Pembina Banjarmasin Timur.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI