DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ASPEK BAHASA DALAM MENYEBUTKAN KELOMPOK GAMBAR YANG MEMILIKI BUNYI/HURUF AWAL YANG SAMA MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE BERCAKAP-CAKAP, MODEL TALKING STICK DAN METODE TANYA JAWAB PADA ANAK KELOMPOK B TK TUNAS BARU BANJARMASIN
PENGARANG:JULIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-30


ABSTRAK

 

JULIANA. 2019. “Mengembangkan Aspek Bahasa Dalam Menyebutkan Kelompok Gambar Yang Memiliki Bunyi/Huruf Awal Yang Sama Menggunakan Kombinasi Metode Bercakap-Cakap, Model Talking Stick Dan Metode Tanya Jawab Pada Anak Kelompok B TK Tunas Baru Banjarmasin”.Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidika Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Penidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dr. H. A. Muhyani Rizalie, M.Si.

Kata Kunci: Aspek Bahasa, Menyebutkan Kelompok Gambar Yang Memiliki Bunyi/Huruf Awal Yang Sama, Bercakap-Cakap, Talking Stick Dan Tanya Jawab.

Permasalahan pada penelitian adalah rendahnya aspek bahasa dalam menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama. Hal ini terjadi karena anak kesulitan dalam memahami materi yang dijelaskan, anak tidak fokus dan mudah bosan saat mengikutipembelajaran, serta anak tidak mau berinteraksi/bekerjasama dengan teman yang lain. Untuk mengatasi hal tersebut digunakan kombinasi metode bercakap-cakap, model talking stick dan metode tanya jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil pengembangan kemampuan aspek bahasa dalam menyebukan kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, penelitian ini dilaksanakan dalam empatsiklus. Setting penelitian anak dikelompok B TK Tunas Baru Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan penilaian aspek perkembangan nilai agama dan moral. Indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai kriteria baik dan sangat baik, aktivitas anak dikatakan berhasil apabila mencapai aktif dan sangat aktif, dan hasil pengembangan anak minimal 81% dan mendapat nilai êêê dan êêêê.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru mengalami peningkatan dalam empat kali pertemuan dengan kriteria sangat baik. Aktivitas anak meningkat pada siklus 4 dengan hasil sangat aktif dan hasil pengembangan aspek bahasa anak mengalami peningkatan pada pertemuan terakhir.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah menggunakan kombinasi metode bercakap-cakap, model talking stick dan metode tanya jawab dapat mengemabangkan aspek bahasa pada anak kelompok B TK Tunas Baru Banjarmasin. Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini guru hendaknya guru hendaknya mampu memilih dan menggunakan metode dan model yang tepat, serta penggunaan media yang dapat menarik minat anak. Serta menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI