DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN MOTIVASI KERJA, DISIPLIN KERJA, SIKAP PROFESIONAL GURU DENGAN KINERJA GURU DI SDN SE-KECAMATAN LABUAN AMAS SELATAN KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH
PENGARANG:ANSHARI SHALEH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-30


ABSTRAK Shaleh, Anshari 2019. Hubungan Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Sikap Profesional Guru Dengan Kinerja Guru Di SDN Se-Kecamatan Labuan Amas Selatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Tesis. Program Magister Manajemen Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Dr. Suhaimi, S.Pd.,M.Pd, (2) Dr. Ngadimun, MM. Kata Kunci: Motivasi, Disiplin, Sikap Profesional guru, Kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) motivasi kerja, disiplin kerja, sikap professional guru, (2) Hubungan langsung motivasi kerja dengan sikap profesional guru, (3) Hubungan langsung disiplin kerja dengan sikap profesional guru, (4) Hubungan langsung motivasi kerja dengan kinerja guru, (5) Hubungan langsung disiplin kerja dengan kinerja guru, (6) Hubungan sikap profesional guru dengan kinerja guru, (7) Hubungan tidak langsung motivasi kerja dengan kinerja guru melalui sikap profesional guru, (8) Hubungan tidak langsung antara disiplin kerja dengan kinerja guru melalui sikap profesional guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik korelasional melalui analisis jalur. Sampel penelitian sebanyak 173 orang. Instrumen pengumpulan data yaitu angket yang telah memenuhi syarat uji validitas dan reliabilitas. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan analisis jalur dengan metode regressi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi kerja guru dan sikap profesionalisme kerja guru SD Negeri se Kecamatan Labuan Amas Selatan Kabupaten Hulu sungai Tengah berada pada kategori sedang. Sementara disiplin kerja guru berada pada kategori tinggi dan kinerja guru SD Negeri se Kecamatan Labuan Amas Selatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah berada pada kategori Baik. (2) Terdapat hubungan yang sangat kuat antara motivasi kerja dengan Sikap Profesional Guru. (3) Terdapat hubungan yang lemah antara disiplin kerja dengan Sikap Profesional Guru. (4) Terdapat hubungan yang kuat antara motivasi kerja dengan kinerja guru, (5) Terdapat hubungan yang sangat kuat antara disiplin kerja dengan kinerja guru, (6) Terdapat hubungan yang sangat kuat antara Sikap Profesional Guru dengan kinerja guru, (7) Terdapat hubungan yang kuat antara motivasi kerja dengan kinerja guru melalui Sikap Profesional Guru, (8) Terdapat hubungan yang lemah antara disiplin kerja dengan kinerja guru melalui Sikap Profesional Guru. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan langsung dan tidak langsung antara motivasi kerja, disiplin kerja, sikap profesional guru dan kinerja guru SDN Se-Kecamatan Labuan Amas Selatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Saran: Guna meningkatkan motivasi kerja guru, hendaknya pihak sekolah dapat memberikan penghargaan terhadap guru yang mampu menunjukkan prestasi kerja, sehingga mampu memacu semangat guru untuk dapat memberikan usaha terbaiknya dalam bekerja karena guru bersangkutan merasa prestasi dan kerja kerasnya mendapatkan penghargaan dari pihak sekolah.
Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI