DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA DALAM BERKOMUNIKASI SECARA LISAN DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBING PROMPTING DENGAN METODE BERNYANYI MEDIA FLASH CARD PADA ANAK KELOMPOK B TK BHAYANGKARI 02 BANJARBARU
PENGARANG:DARNA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-30


ABSTRAK  

 

 

Darna, 2019, Mengembangkan Kemampuan Bahasa dalam Berkomunikasi Secara Lisan dengan Menggunakan Kombinasi Model Probing prompting dengan Metode Bernyanyi Media Flash Card pada Anak Kelompok B TK Bhayangkari 02 Banjarbaru. Skripsi, Program Pendidikan S1 PAUD FKIP UNLAM. Pembimbing: Sulistiyana, S.Pd, M.Pd

 

Kata kunci: Probing Prompting, Metode Bernyanyi, Media Flash Card

 

Penelitian ini berawal dari adanya permasalahan pada anak kelompok B TK Bhayangkari 02 Banjarbaruyang memiliki kemampuan yang rendah dalam berkomunikasi secara lisan. Untuk mengatasi masalah ini  penulis memilih pembelajaran menggunakan kombinasi model probing prompting dengan metode bernyanyi media flash card. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil kemampuan bahasa dalam berkomunikasi secara lisan dengan menggunakan kombinasi model probing prompting dengan metode bernyanyi media flash card pada anak kelompok B TK Bhayangkari 02 Banjarbaru.  

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa langkah dalam setiap tindakan yaitu merencanakan, melaksanakan tindakan, mengamati, dan merefleksi pembelajaran yang telah dilaksanakan. PTK ini dilakukan 4 pertemuan pada kelompok B TK Bhayangkari 02 Banjarbaru. Untuk menggali dan mengolah data dalam penelitian ini diperlukan analisis data tentang aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil pengembangan anak yang diperoleh melalui observasi dan evaluasi selama pembelajaran, sehingga mencapai indikator keberhasilan.   

Berdasarkan temuan yang diperoleh melalui kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan 4 pertemuan melalui observasi aktivitas guru, observasi aktivitas anak, dan hasil belajar anak, diperoleh hasil penelitian: 1) Aktivitas guru selama pembelajaran menggunakan kombinasi model probing prompting dengan metode bernyanyi media flash cardmeningkatsetiap pertemuan hingga mencapai kriteria sangat baik.2)Aktivitas anak juga terjadi peningkatan setiap pertemuanhingga semua anak mencapai kriteria aktif.                3)Terdapat peningkatan hasil kemampuan bahasa dalam kemampuan bahasa dalam berkomunikasi secara lisan dengan menggunakan kombinasi model probing prompting dengan metode bernyanyi media flash card.   

 

Dapat disimpulkan bahwa tindakan kelas yang dilakukan guru, dinyatakan berhasil karena telah mencapai batas indikator keberhasilan yang sudah ditetapkan, baik dari aktivitas guru dan aktivitas anak, serta hasil pengembangan anak.Disarankan untuk guru agar bisa mengelola pembelajaran serta dapat meningkatkan kompetensi dalam merancang model pembelajaran sehingga dapat memotivasi anak dalam proses pembelajaran dan dapat memberikan manfaat untuk anak TK.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI