DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL POLA AB-AB DAN ABC-ABC MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL TAKE AND GIVE DAN MODEL TALKING STICK PADA ANAK KELOMPOK A TK AL-HIDAYAH LIANG ANGGANG
PENGARANG:HARIYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-30


ABSTRAK  

 

 

Hariyati, 2019, Mengembangkan Kemampuan Kognitif Mengenal Pola AB-AB dan ABC-ABC Menggunakan Media Gambar Dikombinasikan dengan Model Take and Give dan Model Talking Stick pada Anak Kelompok A TK Al Hidayah Liang Anggang. Skripsi, Program Pendidikan S1 PAUD FKIP UNLAM. Pembimbing: Dr. Nina Permatasari, S.Psi, M.Pd

 

Kata kunci: Pola AB-AB dan ABC-ABC, Media Gambar, Take and Give, Talking Stick

 

Latar Belakang penelitian ini adalah banyak anak kelompok A TK Al-Hidayah Liang Anggang yang masih belum menguasai pola AB-AB maupun ABC-ABC. Solusi yang diterapkan peneliti adalah dengan menggunakan media gambar dikombinasikan dengan model take and give dan model talking stick. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil pengembangan kemampuan kognitif mengenal pola AB-AB dan ABC-ABC menggunakan media gambar dikombinasikan dengan model take and give dan model talking stick pada anak kelompok A TK Al-Hidayah Liang Anggang.  

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa langkah dalam setiap tindakan yaitu merencanakan, melaksanakan tindakan, mengamati, dan merefleksi pembelajaran yang telah dilaksanakan. PTK ini dilakukan 4 pertemuan pada kelompok A TK Al-Hidayah Liang Anggang. Untuk menggali dan mengolah data dalam penelitian ini diperlukan analisis data tentang aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil pengembangan anak yang diperoleh melalui observasi dan evaluasi selama pembelajaran, sehingga mencapai indikator keberhasilan.  

Berdasarkan temuan diperoleh hasil penelitian: 1) Aktivitas guru selama pembelajaran menggunakan media gambar dikombinasikan dengan model take and give dan model talking stickmencapai kriteria sangat baik.2)Aktivitas anak juga terjadi peningkatan setiap pertemuanhingga semua anak mencapai kriteria aktif.                3) Terdapat peningkatan hasil pengembangan kemampuan kognitif mengenal pola AB-AB dan ABC-ABC melalui pembelajaran menggunakan media gambar dikombinasikan dengan model take and give dan model talking stick pada anak kelompok A TK Al-Hidayah Liang Anggang, karena anak yang mencapai batas indikator keberhasilan telah mencapai 100% dari jumlah anak.   

Berdasarkan hasil ini, disarankan adanya tindak lanjut pihak terkait mengenai peningkatan aktivitas dan hasil pengembangan kemampuan kognitif mengenal pola AB-AB dan ABC-ABC menggunakan media gambar dikombinasikan dengan model take and give dan model talking stick.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI