DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI MENGHARGAI SUKU BANGSA DAN BUDAYA INDONESIA MELALUI MODEL SNOWBALL THROWING KOMBINASI THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS V SDN ALUHALUH BESAR 3 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:LAMUDDIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-02


Kata Kunci: HasilBelajar, IPS, Model Snowball ThrowingdanThink Pair Share (TPS)
Permasalahan yang terjadi pada Materi Menghargai Suku Bangsa dan Budaya
Indonesia pada siswa kelas V SDN Aluh-Aluh Besar 3yaitu rendahnya hasil belajar
IPS,penyebabnya siswa tidak termotivasi, cenderung pasif, kurang memahami materi
yang diberikan dan cepat bosan serta pembelajaranhanya terpaku pada buku paket
yang ada, metode pembelajaran kurang variasi, pembelajaran kurang di dominasi
guru dan kurang menarik karena tidak adanya penggunaan media
pembelajaran.Pemecahan permasalahan ini menggunakan model
Snowball Throwing
dan Think Pair Share (TPS).
Penilitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan akivitas
guru dan menganalisis aktivitas dan hasil belajar siswa.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Dan jenispenelitian
yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua
siklus.Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN Aluh-Aluh Besar 3 Kabupaten Banjar
dengan jumlah siswa 15 orang.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi aktivitas guru, observasi aktivitas siswa, dan tes tertulis dalam bentuk essay
pada setiap akhir pembelajaran siklus I dan pembelajaran siklus II. Analisis data
digunakan berdasarkan perhitungan frekuensi dengan pembahasan berdasarkan skala
persentase dan ketuntasan indikator keberhasilan yang ditetapkan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran materi Menghargai
Suku Bangsadan Budaya Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Model
Snowball Throwing Kombinasi Think Pair Share (TPS) yang diterapkan guru dalam
pembelajaran berhasil meningkatkan hasil belajar. Persentase aktivitas guru dalam
pembelajaran pada siklus I dengan kriteria baik, sedangkan pada siklus II meningkat
dengan kriteria sangat baik.Persentase aktivitas siswa secara klasikal siklus I dengan
kriteria aktif, dan siklus II meningkat dengan kriteria sangat aktif. Dan hasil belajar
siswa secara klasikal siklus I yaitu53,33% dan siklus II yaitu 100%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan Model
Snowball Throwing Kombinasi Think Pair Share (TPS) dapat
memperbaiki aktivitas guru sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa pada materi Menghargai Suku Bangsa dan Budaya Indonesia. Dari kesimpulan
tersebut, disarankan kepada guru-guru agar dapat menjadikan sebagai bahan
perbandingan dalam meyusun rencana pembelajaran IPS yang lebih variatif dan
efektif dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI