DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA DALAM MEMAHAMI HUBUNGAN ANTARA BUNYI DAN BENTUK HURUF MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PICTURE AND PICTURE DAN TALKING STICK MELALUI MEDIA GAMBAR KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH 26 BANJARMASIN TIMUR
PENGARANG:SITI MAHMUDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-02


Siti Mahmudah. 2019.Mengembangkan Kemampuan Bahasa Dalam

Memahami Hubungan Antara Bunyi Dan Bentuk Huruf Menggunakan Kombinasi Model Picture And Picture Dan Talking Stick Melalui Media Gambar Kelompok B Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 26 Banjarmasin Timur.SkripsiS1 PG-PAUD UnlamBanjarmasin. Pembimbing

Drs. Mahlan Asmar, M.Pd

 

Kata Kunci: Hasil Capaian Perkembangan Kemampuan, media gambar, Picture and Picture, Talking Stick

 

Permasalahan tersebut meliputi: ketidaktahuan anak pada huruf, dan merangkai huruf menjadi kata. Dalam pengenalan huruf guru hanya memberikan penghapalan huruf tanpa adanya penekanan. Sehingga proses pembelajaran di kelas masih jauh dari tingkat pencapaian perkembangaan. Hal ini terlihat anak kurang bisa membedakan bentuk huruf sehingga sulit menanamkan konsep kata pada anak. Adapun penyebabnya kurangnya inovasi pembelajaran oleh gurudan pemanfaatan media yang masih kurang. Hal ini mengakibatkan anak menjadi cepat bosan dan tidak mengerti apa yang dijelaskan.

 Untuk itu dilakukan penelitian dengan tujuan mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil capaian perkembangan kemampuan anak dalam dengan menggunakan Kombinasi Model Picture And Picture Dan Talking Stick Melalui Media Gambar  Kelompok B Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 26 Banjarmasin Timur.

Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 4 pertemuan. Setting penelitian pada anak kelompok B TK Aisyiyah 26Banjarmasin dengan jumlah anak 20 orang yang terdiri dari 5 orang perempuan dan 15 orang laki-laki pada semester I tahun pelajaran 2017/2018. Instrument penelitian yang digunakan adalah observasi aktivitas guru, observasi aktivitas anak, hasil perkembangan kemampuan anak.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam melaksanakan Kombinasi Model Picture And Picture Dan Talking Stick Melalui Media Gambar  pertemuan I skor 14 kategori cukup baik, pertemuan IV skor 30 kategori sangat baik. Aktivitas anak pada pertemuan I dengan kategori cukup aktif, pada pertemuan IV aktivitas anak meningkat dengan kategori sangat aktif. Pada hasil pencapaian pengembangan telah berhasil karena hasil pengembangan pada pertemuan IV dengan kategori berkembang sesuai harapan (BSH).

Kesimpulan hasil penelitian ini bahwa pelaksanaan Kombinasi Model Picture And Picture Dan Talking Stick Melalui Media Gambar meningkatkan Bahasa Dalam Memahami Hubungan Antara Bunyi Dan Bentuk Huruf, saran bagi guru sebagai bahan pertimbangan pemilihan model pembelajaran, bagi kepala sekolah untuk memberikan masukan penggunaan media pembelajaran, bagi peneliti dapat menjadi inspirasi bagi peneliti berikutnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI