DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH, IKLIM ORGANISASI, DAN KOMITMEN GURU DENGAN KEPUASAN KERJA GURU DI SD NEGERI SE KECAMATAN TAPIN UTARA
PENGARANG:MAYA ELYZAH HARAHAP
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-03


Guru merupakan faktor yang sangat dominan dan paling penting di dalam pendidikan, karena guru adalah  pelayan pendidikan untuk peserta didik dan guru juga merupakan personel organisasi sekolah yang keberadaannya langsung berhubungan dengan peserta didik. Oleh karena itu, peran seorang pimpinan atau kepala sekolah yang baik, lingkungan sekolah yang kondusif, dan komitmen guru dalam pekerjaannya perlu dijaga agar kepuasan kerja yang ada dalam guru tersebut akan selalu terpenuhi. Semakin akurat para guru melaksanakan fungsinya, semakin terjamin, tercipta dan terbinanya keandalan dan kesiapan sebagai manusia pembangunan. Karena itu mereka haruslah mampu menunjukkan kinerja yang maksimal, disini guru dituntut untuk dapat terus memacu diri dengan mengembangkan segala kemampuan sebagai pengajar.

Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan kepemimpinan instruksional kepala sekolah, iklim organisasi, komitmen guru, dan kepuasan kerja guru,dan  menganalisis: (1)hubungan langsung antara kepemimpinan instruksional kepala sekolah dan kepuasan kerja guru, (2) hubungan antara kepemimpinan instruksional kepala sekolah dan iklim organisasi, (3) hubungan antara kepemimpinan instruksional kepala sekolah dan komitmen kerja guru, (4) hubungan antara iklim organisasi dan kepuasan kerja guru, (5) hubungan antara komitmen kerja guru dan kepuasan kerja guru, (6) hubungan tidak langsung antara kepemimpinan instruksional kepala sekolah dan kepuasan kerja guru melalui iklim organisasi, (7) hubungan tidak langsung antara kepemimpinan instruksional kepala sekolah dan kepuasan kerja guru melalui komitmen guru.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif. Sampel penelitian sebanyak 92 orang guru bersertifikasi. Instrumen pengumpulan data yaitu angket yang telah memenuhi syarat uji validitas dan reliabilitas. Analisis data untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan analisi jalur dengan metode regresi berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kepemimpinan instruksional kepala sekolah, iklim organisasi, komitmen guru, dan kepuasan kerja guru berada pada klasifikasi tinggi, (2) ada hubungan antara kepemimpinan instruksional kepala sekolah dan kepuasan kerja guru sebesar 0.404, (3) ada hubungan antara kepemimpinan instruksional kepala sekolah dan iklim organisasi sebesar 0.454, (4) ada hubungan antara kepemimpinan instruksional kepala sekolah dan komitmen kerja guru sebesar 0.408, (5) ada hubungan antara iklim organisasi dan kepuasan kerja guru sebesar 0.394, (6) ada hubungan antara komitmen kerja guru dan kepuasan kerja guru sebesar 0.567, (7) ada hubungan tidak langsung antara kepemimpinan instruksional kepala sekolah dan kepuasan kerja guru melalui iklim organisasi sebesar 0.179, (8) ada hubungan tidak langsung antara kepemimpinan instruksional kepala sekolah dan kepuasan kerja guru melalui komitmen guru di SD Negeri se Kecamatan Tapin Utara sebesar 0.231.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI