DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KEMATANGAN BAWAHAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP DISIPLIN KERJA GURU DI SD NEGERI SE KECAMATAN TAKISUNG
PENGARANG:KHOIRU NISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-03


Nisa, Khoiru. 2019.Hubungan Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kematangan Bawahan dan Motivasi Kerja terhadap Disiplin Kerja Guru di SD Negeri se Kecamatan Takisung. Tesis. Program Magister Manajemen Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd.,Ph.D, (2) Dr. Suhaimi, S.Pd, M.Pd

 

Kata Kunci: Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kematangan Bawahan, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) peran kepemimpinan kepala sekolah, kematangan bawahan, motivasi kerja dan disiplin kerja guru, (2) hubungan antara peran kepemimpinan kepala sekolah secara langsung dengan motivasi kerja guru, (3) hubungan antara kematangan bawahan secara langsung dengan motivasi kerja guru, (4) hubungan antara peran kepemimpinan kepala sekolah secara langsung dengan disiplin kerja guru, (5) hubungan antara kematangan bawahan secara langsung dengan disiplin kerja guru, (6) hubungan motivasi kerja guru dengan disiplin kerja guru, (7) hubungan antara peran kepemimpinan kepala sekolah dengan disiplin kerja melalui motivasi kerja guru, (8) hubungan antara kematangan bawahan dengan disiplin kerja melalui motivasi kerja guru.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel penelitian sebanyak 154 orang. Instrumen pengumpulan data yaitu angket yang telah memenuhi syarat uji validitas dan reliabilitas. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan analisis jalur dengan metode regressi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kematangan bawahan, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja guru SD Negeri di Kecamatan Takisung masuk kedalam kategori sedang. (2) Terdapat hubungan yang tinggi atau kuat antara Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja guru (3) Terdapat hubungan yang tinggi atau kuat antara Kematangan Bawahan dan Motivasi Kerja guru (4) Terdapat hubungan yang tinggi atau kuat antara Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja guru, (5) Terdapat hubungan yang cukup berarti tapi sedang antara Kematangan Bawahan dan Disiplin Kerja guru, (6) Terdapat hubungan yang tinggi atau kuat antara Motivasi Kerja guru dan Disiplin Kerja, (7) Terdapat hubungan yang cukup berarti tapi sedang antara Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja guru melalui motivasi kerja guru SD Negeri di Kecamatan Takisung.

Kesimpulan: terdapat hubungan langsung dan tak langsung peran kepemimpinan kepala sekolah, Kematangan Bawahan dan Motivasi Kerja terhadap Disiplin Kerja Guru. Oleh sebab itu hendaknya kepala sekolah rutin mengadakan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas guru, khususnya berkaitan dengan waktu penyelesaian tugas masing-masing guru, karena ada beberapa orang guru yang masih sering terlambat menyelesaikan tugas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI