DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENERAPAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2016/2017
PENGARANG:Rezky Suriya Adi Putra
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-01-19


Peran guru sangat penting dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran yang sering digunakan oleh guru cenderung membuat siswa pasif pada saat pembelajaran. Oleh karena itu, guru harus memperbaiki cara mengajarnya. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan Mind Map dan yang diajarkan tanpa menggunakan Mind Map dan (2) mengetahui penerapan Mind Map dapat berpengaruh pada hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 6 Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X dengan kelas X MIPA-2 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA-3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang yang digunakan adalah tes evaluasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistika deskriptif dan statistika inferensial yaitu menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan Mind Map lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang diajar tanpa menggunakan Mind Map dan terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan Mind Map dengan yang diajar tanpa menggunakan Mind Map.
Kata kunci : Mind Map, hasil belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI