DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH, ETOS KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRESTASI SEKOLAH PADA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN BANJARMASIN BARAT
PENGARANG:ANITA MAHMUDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-03


Mahmudah, Anita 2019.Hubungan antara Komunikasi Kepala Sekolah, Etos Kerja dan Motivasi Kerja dengan Prestasi Sekolah pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Banjarmasin Barat. Tesis. Program Magister Manajemen Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Dr. Metroyadi, SH., M.Pd, (2) Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd, Ph.D.

 

Kata Kunci: Komunikasi Kepala Sekolah, Etos Kerja, Motivasi Kerja, Prestasi Sekolah.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Deskripsi komunikasi kepala sekolah, etos kerja, motivasi kerja dan prestasi sekolah, (2) Hubungan langsung antara komunikasi kepala sekolah dan motivasi kerja guru, (3) Hubungan langsung antara etos kerja dan motivasi kerja guru, (4) Hubungan langsung antara komunikasi kepala sekolah dan prestasi sekolah, (5) Hubungan langsung antaraetos kerja dan prestasi sekolah, (6) Hubungan langsung antara motivasi kerja guru dan prestasi sekolah, (7) Hubungan tidak langsung antara komunikasi kepala sekolah dengan prestasi sekolah melalui motivasi kerja, (8) Hubungan tidak langsung antara etos kerja dengan prestasi sekolah melalui motivasi kerja SD Negeri di Kecamatan Banjarmasin Barat.

Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan analisis jalur. Sampel penelitian sebanyak 226 orang. Instrumen pengumpulan data yaitu angket yang telah memenuhi syarat uji validitas dan reliabilitas. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan analisis jalur dengan metode regressi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Komunikasi kepala sekolah, etos kerja dan motivasi kerja guru SD Negeri di Kecamatan Banjarmasin Barat tergolong dalam kategori sedang, begitu pula prestasi SD Negeri di Kecamatan Banjarmasin Barat tergolong dalam kategori sedang. (2) Terdapat hubungan yang tinggi atau kuat antara Komunikasi Kepala Sekolah dan motivasi kerja guru (0,750). (3) Terdapat hubungan yang cukup berarti tapi sedang antara etos kerja dan motivasi kerja guru (0,596). (4) Terdapat hubungan yang cukup berarti tapi sedang antara Komunikasi Kepala Sekolah dan Prestasi Sekolah (0,682), (5) Terdapat hubungan yang cukup berarti tapi sedang antara etos kerja dan Prestasi Sekolah (0,574), (6) Terdapat hubungan yang cukup berarti tapi sedang antara motivasi kerja guru dan Prestasi Sekolah (0,658), (7) Terdapat hubungan tak langsung yang cukup berarti tapi sedang antara Komunikasi Kepala Sekolah dan Prestasi Sekolah melalui motivasi kerja guru (0,493), (8) Terdapat hubungan tak langsung yang rendah atau lemah tapi pasti antara etos kerja dan Prestasi Sekolah melalui motivasi kerja guru SD Negeri di Kecamatan Banjarmasin Barat (0,392).

Saran: hendaknya kepala sekolah berupaya untuk membangun komunikasi yang positif saat berkomunikasi dengan bawahan. Hal ini dapat dilakukan dengan membuka forum sharing atau tukar pendapat dengan para guru yang menjadi bawahannya mengenai permasalahan maupun kemajuan sekolah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI