DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi terhadap Motivasi Berprestasi dan Kinerja Guru SD di Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas
PENGARANG:RITA FERDIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-03


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) Efektifitas kepemimpinan kepala sekolah, iklim organisasi, motivasi berprestasi, dan kinerja guru, (2) Hubungan antara efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi guru, (3) Hubungan antara  iklim organisasi dan motivasi berprestasi guru, (4) Hubungan antara efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru, (5) Hubungan antara iklim organisasi dan kinerja guru, (6) Hubungan antara motivasi berprestasidan kinerja guru, (7) Hubungan tidak langsung antara efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru melalui motivasi berprestasi, (8) Hubungan tidak langsung antara iklim organisasi dan kinerja guru melalui motivasi berprestasi guru.

Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan analisis jalur. Sampel penelitian sebanyak 139 orangguru SD di Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas. Instrumen pengumpulan data yaitu angket yang telah memenuhi syarat uji validitas dan reliabilitas. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan analisis jalur dengan metode regressi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Efektivitas kepemimpinan kepala sekolah, iklim organisasi dan motivasi berprestasi guru masuk kedalam kategori sedang, sedangkan kinerja guru masuk kedalam kategori baik. (2) Efektivitas kepemimpinan kepala sekolah berhubungan positif dan signifikan dengan motivasi berprestasi guru (0,482). (3) Iklim organisasi berhubungan positif dan signifikan dengan motivasi berprestasi guru (0,910). (4) Efektivitas kepemimpinan kepala sekolah berhubungan positif dan signifikan dengan kinerja guru (0,315), (5) Iklim organisasi berhubungan positif dan signifikan dengan kinerja guru (0,818), (6) Motivasi berprestasi memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan kinerja guru (0,702), (7) Efektivitas kepemimpinan kepala sekolah secara tidak langsung berhubungan terhadap kinerja guru melalui motivasi berprestasi guru (0,265), (8) Iklim organisasi secara tidak langsung berhubungan terhadap kinerja guru melalui motivasi berprestasi (0,685).

Kesimpulan penelitian ini adalah efektivitas kepemimpinan kepala sekolah, iklim organisasi dan motivasi berprestasi guru SD di Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas masuk ke dalam kategori sedang, sedangkan kinerja guru masuk kedalam kategori baik. Bagi Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas hasil penelitian ini dipakai sebagai sumbangan pemikiran kebijakan peningkatan mutu pendidikan, Kepala Sekolah Dasar membina guru, Guru untuk meningkatkan kinerja dan referensi untuk peneliti selanjutnya

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI