DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF DALAM MENGENAL SEBAB AKIBAT TENTANG LINGKUNGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE, TALKING STICK, DAN METODE BERCERITA PADA KELOMPOK B TK AISYIYAH 37 AR-RAHIM BANJARMASIN
PENGARANG:NORHAYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-04


ABSTRAK

 

NORHAYATI. 2019.Mengembangkan Aspek Kognitif dalam Mengenal Sebab Akibat tentang Lingkungan Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Picture and Picture, Talking Stick, dan Metode Bercerita pada Kelompok B TK Aisyiyah 37 Ar Rahim Banjarmasin”.Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing                               Dr. H. A. Muhyani Rizalie, M. Si.

                                                                                          

Kata Kunci:Kognitif, Mengenal Sebab Akibat Tentang Lingkungan,Picture And Picture, Talking Stick, Metode Bercerita.

 

Permasalahan pada penelitian adalah rendahnya  kemampuan aspek kognitif anak dalam mengenal sebab akibat tentang lingkungan. Hal ini terjadi karena begitu banyak anak masih mengenal sebab akibat tentang lingkungan, kesulitan mengingat urutan peristiwa terjadinya sesuatu tentang lingkungan, sertadalam pembelajaran perhatian anak dalam mendengarkan kurang aktif, dan terakhir anak kurang berminat atau tertarik pada kegiatan pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut digunakan menggunakan kombinasi model Picture and Picture,Talking Stick, dan Metode Bercerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil pengembangan kemampuan aspek kognitif anak dalam mengenal sebab akibat tentang lingkungan.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, penelitian ini dilaksanakan dalam empatpertemuan. Setting penelitian anak dikelompok B TK Aisyiyah 37 AR-Rahim Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan penilaian aspek pengembangan kognitif. Indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai kriteria baik dan sangat baik, aktivitas anak dikatakan berhasil apabila mencapai aktif dan sangat aktif, dan hasil pengembangan anak minimal 81% dan mendapat nilai êêê dan êêêê.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru mengalami peningkatan dalam tiga kali pertemuan dengan kriteria sangat baik. Aktivitas anak meningkat pada Pertemuan IV dengan hasil sangat aktif dan hasil pengembangan aspek kognitif anak mengalami peningkatan pada pertemuan terakhir.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah menggunakan kombinasi model Picture and Picture, Talking Stickdan Metode Bercerita dalam mengenal sebab akibat tentang lingkungan dapat mengembangkan aspek kognitif anak pada kelompok B TKAisyiyah 37 Ar Rahim Banjarmasin. Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini guru hendaknya lebih terampil menggunakan model-model dan metode pembelajaran yang bervariatif, sehingga anak dapat termotivasi dalam kegiatan belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI