DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KARAKTERISASI AIR ASAM TAMBANG MENGGUNAKAN SOFTWARE PHREEQC PADA DANAU BEKAS TAMBANG ALLUVIAL DI KOTA BANJARBARU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:ERWIN RAMADHAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-03


ABSTRAK

 

 

 

ERWIN RAMADHAN:KARAKTERISASI AIR ASAM TAMBANG MENGGUNAKAN SOFTWARE PHREEQC PADA DANAU BEKAS TAMBANG ALLUVIAL DI KOTA BANJARBARU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

 

Tambang Intal Alluvial PT Galuh Cempaka di Kalimantan Selatan memiliki kolam bekas tambang yang dinamakan Danau Seran. Tambang ini tahun 2009 terhenti dan sejak tahun 2017 sudah mulai aktif kembali. Kondisi Danau Seran yang merupakan bekas lubang bukaan tambang ini dilakukan kajian dari sisi geologi lokal, hidrogeologi, limnologi, dan geokimia air dan batuan. Kajian yang baik mengenai hal ini diharapkan mampu membuat perlakuan terhadap air di kolam tersebut menjadi lebih efektif khususnya penanganan pH air di danau yang berkisar di angka 3 – 4,6.

Hasil uji dengan PHREEQC dengan menggunakan proses mixing dengan persentasi pencampuran air 1:1 dengan memasukkan equilibrium phase berupa Dolomit dan kalsit didapatkan hasil kenaikan pH maksimum masing-masing yaitu untuk Kalsit 8,49 sedangkan dolomit 8,64.

Secara umum kualitas air di Danau Seran dan sekitarnya belum sesuai standar baku mutu air berdasarkan PP tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air Kelas II dimana masih banyak kandungan parameter pada air danau yang dibawah standar serta keadaan tanah yang berupa PAF.

 

 

Kata Kunci: Tambang Alluvial, air asam tambang, PHREEQC

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI