DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Manajemen Pembelajaran Kelas Imersi (Studi Kasus SMA Darul Hijrah Putera dan MA An - Najah Puteri)
PENGARANG:H. AHMAD FAWAZ
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-04


ABSTRAK

 

Fawaz, H. Ahmad. 2019. Manajemen Pembelajaran Kelas Imersi (Studi Kasus SMA Darul Hijrah Putera dan MA An-Najah Puteri). Tesis, Program Magister Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Wahyu, MS., (II) Dr. H. Karyono Ibnu Ahmad

Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, Kelas Imersi

Pendidikan merupakan investasi yang paling utama bagi bangsa. Peningkatan kualitas pendidikan dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menyelenggarakan kelas Imersi. Kelas Imersi adalah sebuah kelas yang menggunakan bahasa asing sebagai bahasa pengantarnya. SMA Darul Hijrah Putera dan MA An-Najah Puteri menggunakan kurikulum KTSP dan dipadukan dengan kurikulum pondok pesantren (salafiah) mampu melaksanakan pembelajaran kelas imersi. Oleh karena itulah dipandang perlu adanya penelitian yang mengungkap bagaimana proses manajemen pembelajaran kelas imersi pada SMA Darul Hijrah Putera dan MA An-Najah Puteri itu sendiri.

Pendekatan Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif yang dilakukan dengan mendeskripsikan dan menganalisis semua aktivitas yang dilakukan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan oleh peneliti melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Data yang dikumpulkan yakni perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi pembelajaranKelas Imersi di SMA Darul Hijrah Putera dan MA An-Najah Puteri.

Pembelajaran Imersi pada SMA Darul Hijrah Putera dan MA An-Najah Puteri dalam tinjauan ilmu manajemen tentang perencanaan kelas Imersi sudah terdapat regulasi yang jelas, yaitu: adanya kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), adanya tugas pokok dan fungsi guru: menyusun I’daad, silabus dan standar penilaian.Pelaksanaan pembelajaran kelas Imersi telah terlaksana dengan baik sebagaimana tercantum dalam regulasi perencanaan yang telah dicanangkan. Namun kegiatan peningkatan profesionalitas guru dengan: pelatihan, workshop atau bimbingan teknis (Bimtek) untuk meningkatkan pelaksanaan kelas Imersi belum ada.Evaluasi tentang pelaksanaan kelas Imersinya  sudah cukup terlaksana dengan baik, dengan adanya pretest dan postest serta ulangan harian (formatif).

SMA Darul Hijrah Putera dan MA An-Najah Puteri dalam implementasi kelas Imersi hendaknya dilakukan sebagaimana perencanaan yang telah ditetapkan dengan: pengawasan pembelajaran, supervisi akademik dan tindak lanjut dari hasil tersebut.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI