DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MANAJEMEN PENGEMBANGAN BUDAYA LITERASI SEKOLAH DASAR Studi Multi Situs pada SDN SN Sungai Miai 5 dan SDN SN Sungai Miai 7 Banjarmasin
PENGARANG:ANNISA MAULIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-12-04


Kehidupan masyarakat di era globalisasi sekarang ini ditandai oleh kehidupan yang bermutualisme dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang menuntut warganya untuk memiliki kemampuan dasar agar dapat bertahan di tengah kehidupan masyarakat.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) perencanaan pengembangan budaya literasi di sekolah, (2) pengorganisasian pengembangan literasi di sekolah, (3) pelaksanaan pengembangan  budaya literasi di sekolah, (4) evaluasi pengembangan budaya literasi di sekolah, (5) tindak lanjut budaya literasi di sekolah.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis fenomenologi dengan rancangan studi multisitus dan metode komparatif konstan. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi berperan serta, dan teknik dokumentasi. Informan dipilih dengan menggunakan teknik purposif yang dipadukan dengan teknik snowball sampling. Data yang terkumpul melalui berbagai teknik tersebut, diperiksa dan dilakukan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Selesai diperiksa, data yang terkumpul dianalisis dengan analisis kasus tunggal dan analisis lintas situs.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa sekolah memiliki budaya literasi yang baik dan saling bekerjasama antar warga sekolah untuk mencapai tujuan dari gerakan literasi sekolah yang diinginkan, hasil dari kegiatan ini pun berpengaruh besar pada prestasi yang dihasilkan oleh sekolah.

Berdasarkan temuan-temuan, disarankan kepada: (1) Kepala sekolah diharapkan dapat mempertahankan dan lebih meningkatkan lagi keterlibatan guru, orang tua, dan berbagai akademisi dalam mengembangkan budaya literasi di sekolah, (2) Dinas pendidikan kota Banjarmasin diharapkan dapat memberikan dukungan dan dana yang cukup untuk memenuhi segala kebutuhan yang diperlukan di sekolah, (3) guru diharapkan mampu lebih meningkatkan profesionalnya dalam rangka mengelola dan berinovasi pada kegiatan literasi di kelas, (4) peneliti selanjutnya hendaknya lebih mengkaji dan mengembangkan lebih dalam aspek-aspek yang berkaitan dengan manajemen literasi sekolah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI